ADAKITANEWS, Blitar – Penyampaian laporan Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kabupaten Blitar terhadap pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pajak Daerah, dilanjutkan persetujuan dan penetapan Raperda menjadi Perda Kabupaten Blitar berlangsung dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Rabu (05/04) siang.

Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, mengatakan, hasil dari persetujuan dan penetapan Raperda menjadi Perda tentang Pajak Daerah antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dengan DPRD, langsung dikirim kepada Gubernur Jawa Timur. “Ya setelah kita tandangani bersama pimpinan DPRD tadi, kini kita tinggal menunggu hasil evalusi dari Gubernur Jawa Timur,” katanya setelah Rapat Paripurna.

Bupati menuturkan, setelah hasil evaluasi dari Gubernur turun, maka akan ditetapkan menjadi Perda dengan disertai Peraturan Bupati (Perbub). “Ya nanti akan ada Perbub. Kemudian saya akan memutuskannya sebagai tindak lanjut pelaksanaan Pajak Daerah ini,” paparnya.

Dengan adanya Perda Pajak Daerah ini, lanjut Rijanto, diharapkan bisa meningkatkan pendapatan daerah dan pembangunan juga semakin bagus.

Untuk diketahui, selain menetapkan dan menyetujui Perda tentang Pajak Daerah, Bupati juga memberikan jawaban atas pandangan umum fraksi-fraksi terhadap perubahan RPJMD tahun 2016-2021.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana Rapat Paripurna di Gedung Graha DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)