Kediri(adakitanews.com)—Petugas Satreskrim Polres Kediri melakukan pengecekan obat di tempat apotek. Pengecekan ini dilaksanakan untuk mengantisipasi terjadinya harga obat naik di massa pandemi Covid-19.

Kegiatan pengecekan tempat apotek dan farmasi penjual obat dilakukan sebagai tindak lanjut perintah Kapolri dan Kabareskrim serta Kapolda Jatim sebagaimana Keputusan Menkes/4826/2021 tentang (HET/harga eceran tertinggi) obat dalam masa pandemi Covid-19.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono menuturkan dalam pengecekan dan pengawasan ini, pihaknya juga telah melakukan sejumlah koordinasi dengan pihak apotek untuk turut serta melakukan pengawasan.

“Tentunya kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, Disperindag, BPOM untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap antisipasi kenakalan penjual obat,”tutur AKBP, Kamis (29/7/2021).

Dikatakan, AKBP Lukman, bila ditemukan adanya penimbunan atau ketidaksesuaian obat, pihaknya akan menindak tegas. “Kami harapkan obat ini bisa digunakan untuk masyarakat kecil yang membutuhkan,”ucapnya.(Gar).