Pengemudi Transportasi Online Mediasi Dengan Sopir Angkot

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Meski sempat terjadi adu argumen, akhirnya mediasi antara pengemudi transportasi online dengan sopir angkot di wilayah Terminal Purabaya, Bungurasih Kabupaten Sidoarjo yang difasilitasi oleh Polsek Waru, Rabu (03/04) akhirnya mendapatkan kesepakatan.

Kapolsek Waru, Kompol M Fathoni mengatakan kesepakatan itu antara lain, Dishub akan memasang rambu – rambu dilarang berhenti untuk taksi online. “Sesuai dengan namanya taksi online kan mobile. Taksi online boleh mengantar sampai dalam terminal, tapi jemput tidak boleh. Untuk Halte boleh mengambil penumpang tapi tidak boleh ngetem,” katanya.

Sementara itu Ketua DPD Asosiasi Driver Online Jatim, Rizky Yusman mengatakan permasalahan ini sama dengan di Tunjungan Plaza. Ada oknum-oknum driver online yang menawarkan jasanya tanpa menggunakan aplikasi. “Hasil kesepakatan ini sudah sesuai dengan apa yang kita mau. Para driver harus mematuhi rambu dan markah jalan,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Zainal Arifin, Ketua DPC SPTI (Serikat Pekerja Transport Indonesia Sidoarjo), yang mengatakan bahwa saat mediasi telah dilakukan pembahasan diantaranya terkait titik-titik penjemputan dan teknis mengantar penumpang.

“Tadi sudah dibahas titik-titik penjemputan. Teknis mengantar di dalam terminal diperbolehkan, namun keluar harus dalam keadaan kosong tanpa penumpang. Nantinya akan ada identitas khusus (stiker khusus) untuk membedakan transportasi online. Namun sementara pihak transportasi online bersedia memberikan stiker tersebut untuk membedakan dengan angkutan konvensional. Rencananya kami akan membentuk satgas untuk mengatasi hal ini. Hanya ini yang belum terealisasi,” katanya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya , ratusan sopir lyn di Terminal Purabaya Bungurasih mogok kerja, Selasa (02/05). Mereka menuntut transportasi online, tidak mencari penumpang di sekitar Terminal Purabaya Bungurasih.(sid2)

Keterangan gambar : Mediasi antara pengemudi transportasi online dengan sopir angkot dan Dishub Sidoarjo, di Mapolsek Waru.(foto : mus purmadani)

Recommended For You