ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah mengaku masih menghentikan sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor informal ke negara di Timur Tengah, sebagai kebijakan untuk melindungi para TKI yang bekerja di sektor domestik dan biasanya didominasi oleh wanita.

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, Miftahuddin melalui Kasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Disnaker Kabupaten Blitar, Jarun mengatakan, beredarnya informasi di media sosial yang menyebutkan jika diperbolehkannya TKI atau TKW informal berangkat ke negara timur tengah, masih berupa wacana dan belum disetujui pihak Kementerian Tenagakerja.

“Itu kan masih wacana. Tapi yang jelas sampai sekarang belum ada persetujuan dari Kementerian Tenagakerja,” kata Jarun, Kamis (05/10).

Jarun menegaskan, bahwa pengiriman kembali TKI atau TKW itu masih berupa wacana dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Sedangkan kewenangan mencabut larangan itu berada di pihak kementerian.

Selain itu, pihaknya mencatat hingga saat ini juga belum ada PT atau agency TKI yang memiliki Job atau pekerjaan informal di negara timur tengah. “Sampai saat ini kan belum ada PT ataupun agency yang punya job di sana, sehingga tidak memungkinkan mengirimkan TKI ke timur tengah,” jelasnya.

Jarun menambahkan, TKI formal untuk berangkat ke negara timur tengah saat ini masih diperbolehkan. Ia mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan informasi yang sumbernya belum jelas serta harus dicek dahulu kepada pihak terkait. ” Masyarakat harus lebih jeli dan teliti menerima informasi. Lebih pastinya bisa dicek ke pihak terkait,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Jarun, Kasi Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri Disnaker Kabupaten Blitar.(dok. Adakitanews.com)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/110917-fat-blitar-tki-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/110917-fat-blitar-tki-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,blitar,timur tengah,tki,Tkw
ADAKITANEWS, Blitar – Pemerintah mengaku masih menghentikan sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) sektor informal ke negara di Timur Tengah, sebagai kebijakan untuk melindungi para TKI yang bekerja di sektor domestik dan biasanya didominasi oleh wanita. Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Blitar, Miftahuddin melalui Kasi Penempatan dan Perlindungan...