2015-11-05_20.40.08ADAKITANEWS, Kediri – LSM SuaR mendapatkan penghargaan dari Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), Kamis (27/10) di Hotel Sahid Jaya Makassar. Raihan ini berkat keberhasilan SuaR melakukan pengorganisasian Pekerja Seks Komersil (PSK) guna menanggulangi penyebaran AIDS di Kediri Raya.

Pada acara Pertemuan Nasional AIDS V, LSM SuaR memperoleh penghargaan terbaik pertama pada kategori Program Inovasi  Pencegahan Melalui Transmisi Seksual (PMTS). SUAR bersaing dengan ribuan organisasi peduli AIDS se Indonesia yang masuk kategori yang diadakan KPAN bersama UNAIDS dan Center for Indonesia’s Strategic Development Initiative (CISDI).

“Penghargaan ini saya dedikasikan untuk a kader-kader SuaR. Berkat kerja keras mereka program ini bisa terus berjalan. Bukan hanya itu, penghargaan ini juga kami dedikasikan untuk masyarakat Kediri yang terus mendorong kami dengan memberikan kritik dan saran kepada kami,” ujar Sanusi

Penghargaan tersebut diperoleh LSM SUAR lantaran memiliki program inovatif melalui pengorganisasia PSK (pekerja seks komersial). Selain mengorganisir PSK, Pokja, Odha, WPA, Rumah sehat  SuaR juga melakukan pengorganisasian pacar PSK atau yang terkenal di Kediri dengan nama kiwir.

Program pengorganisasian yang efektif ini belum dimiliki oleh penggiat AIDS di seluruh Indonesia. “Kami terpilih karena pola komunikasi kami melalui program pengorganisasian PSK dan juga kiwirnya. Yang dianggap CISDI dan KPA merupakan program inisiatif yang belum dimiliki penggiat AIDS lainnya,” ujar Sanusi Ketua LSM SUAR ketika ditemui dikantornya, Kamis (05/11).

Sanusi menambahkan, kegiatan pengorganisasian yang sudah dilakukan sejak 2007 silam mampu mengurangi penderita AIDS di Kediri Raya. Sanusi menambahkan, penghargaan tersebut merupakan buah kerja keras kader-kader SUAR dan masyarakat Kediri guna menanggulangi penderita AIDS.

Terdapat 12 kategori yang diberikan KPAN kepada penggiat AIDS. Terdiri dari 6 terbaik pertama, dan 6 terbaik kedua. Penghargaan itu sendiri, diberikan langsung oleh Ketua Komisi Penanggulangan Aids Kemal Siregar.(adv/zay)

Keterangan Gambar : Sanusi, Direktur SuaR saat menerima penghargaan Inovatif dalam Program Pencegahan penyakit menular melalui transfusi seksual (PMTS)