ADAKITANEWS, Tulungagung – Keberadaan Taman Kali Ngrowo sebagai tempat untuk bersantai yang lokasinya berada di bantaran sungai Ngrowo, kondisinya sangat memprihatinkan. Beberapa fasilitas umum rusak, bahkan sudah hilang.

Seperti fasilitas penerangan berupa lampu taman, di beberapa titik banyak yang pecah, bahkan ada yang sudah terlepas dari tiang penyangganya. Diduga rusak atau hilangnya fasilitas yang berada di taman rekreasi keluarga ini akibat ulah pengunjung yang tak bertanggungjawab.

“Kalau soal lampu, sudah beberapa kali diganti oleh pemerintah. Tapi pagi diganti, esoknya sudah pecah lagi,” kata Sumantri, warga setempat.

Tidak itu saja, sampah bekas makanan dan gelas air mineral dalam kemasan juga tampak berserakan dimana-mana, bukti kesadaran masyarakat masih rendah. Padahal Pemkab Tulungagung sudah menempatkan tempat sampah yang jumlahnya cukup, karena setiap titik yang diperkirakan banyak pengunjung, sudah tersedia tempat sampah.

Pecahnya fasilitas penerangan ini, membuat sejumlah warga yang ingin santai bersama keluarga menjadi was-was dan khawatir terjadi tindak kejahatan.

“Kalau malam suasananya remang-remang. Kami sekeluarga jadi tidak nyaman, khawatir ada orang mabok dan mengganggu,” ujar Shinta Dewi, salah satu pengunjung yang hampir setiap malam minggu datang ke Taman Kali Ngrowo bersama keluarganya.

Sementara, Kabid Infrastruktur Persampahan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tulungagung, Erwin Novianto juga menyatakan keprihatinannya. “Taman Kali Ngrowo, sudah diserahkan kepada Pemkab Tulungagung, jadi pemeliharaannya menjadi tanggungjawab kita,” kata Erwin Novianto.

Tambah Erwin, pihaknya sudah beberapa kali mengganti fasilitas yang rusak, namun masih saja terjadi kerusakan bahkan hilang. “Pembenahan kita lakukan sesuai dengan anggaran, karena itu kita lakukan secara bertahap,” ujarnya.

Erwin mengimbau agar masyarakat ikut menjaga semua fasilitas yang ada di Taman Kali Ngrowo, karena itu juga untuk keamanan dan kenyamanan bersama.(ta1)

Keterangan gambar : Beberapa fasilitas di Taman Kali Ngrowo yang rusak.(foto : acta cahyono)