width=

ADAKITANEWS, Blitar – Penerbitan Paspor bagi Calon Jemaah Haji (CJH) 2017 baik Kota maupun Kabupaten Blitar ditargetkan bakal selesai pada April mendatang. Hingga saat ini, total CJH yang sudah mengikuti proses penerbitan paspor ada 1.005 orang.

Kantor Imigrasi Kelas 2 Blitar melalui Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian, Winarko mengatakan, sejak proses cetak paspor yang dibuka pada awal Maret, diperkirakan akan rampung pada April mendatang. “Untuk mempercepat, kita bagi jadi 2 pelayanan dan kita buka lebih awal. Pagi 50, sorenya juga kita layani 50 orang,” katanya Rabu (22/03).

Jumlah pemohon paspor untuk Ibadah Haji tahun ini terdiri dari 105 orang untuk CJH asal Kota Blitar dan 900 orang dari Kabupaten Blitar. Winarko melanjutkan, penerbitan paspor untuk CJH asal Kota Blitar saat ini sudah selesai, sementara dari wilayah Kabupaten Blitar, baru 30 persen paspor yang sudah terbit. “Kabupaten yang sudah ada 300 orang,” ungkapnya.

Dari total 1.005 pemohon paspor yang saat ini sedang digarap Kantor Imigrasi kelas 2 Blitar, jumlah itu diperkirakan masih akan bertambah. “Kalau jumlahnya pasti nambah soalnya masih ada kuota tambahan dan belum lagi kuota lansia,” tuturnya.

Winarko mengatakan, hingga kini belum ada kendala yang berarti dari para CJH dalam mengurus paspor termasuk persyaratan melampirkan surat rekom dari Kemenag. “Kalau suratnya semua komplit, termasuk masalah data kependudukan yang biasanya salah nama dan ejaan,” tutupnya.(blt1)

Keterangan Gambar : Kasi Lalu Lintas Keimigrasian, di Kantor Imigrasi kelas 2 Blitar, Winarko.