Pentas Seni Pelajar Provinsi Jatim, Digelar di Kota Kediri

ADAKITANEWS, Kota Kediri – Pentas Seni Pelajar Provinsi Jatim diadakan di Kota Kediri. Acara tersebut dibuka langsung oleh Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar, dan menghadirkan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Rabu (26/04) di Gor Jayabaya Kota Kediri.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri, H Nur Mukhyar mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pelajar se-Jawa Timur. “Tujuannya untuk memunculkan bakat-bakat pelajar yang terpendam. Selain itu ditujukan mengarahkan pelajar sekarang agar menyukai seni dari tanah kelahirannya sendiri yaitu Jawa Timur,” cakapnya.

Di hari pertama rangkaian acara, tepatnya Rabu (26/04), digelar Pawai Budaya untuk mengenalkan masyarakat luas tentang pentingnya melestarikan kebudayaan. Pasalnya, lanjut Nur Mukhyar, semakin lama Kebudayaan milik leluhur semakin memudar dan pelajar sekarang lebih menyukai gaya modern, hingga lupa akan kebudayaannya sendiri.

“Nanti Pawai Budaya mengelilingi Gor Jayabaya Kota Kediri. Untuk menunjukkan masyarakat luas yang ikut hadir memeriahkan acara, serta tak lain supaya pelajar semakin mencintai kebudayaan Indonesia,” ujar H Nur Mukhyar.

Acara Pentas Seni Pelajar ini sendiri meliputi Lomba Seni Teater, Lomba Seni Sejarah, Lomba Seni Patung, Lomba Seni Lukis, Poster Desain tekstil, Lomba Puisi dan Musikalisasi, Lomba Seni Tari, serta Lomba Seni Musik Tradisi, yang dimulai pada Kamis (27/04) hingga Sabtu (29/04) mendatang.

Sementara itu Wagub Jawa Timur, Saifullah Yusuf dalam sambutannya mengatakan, para pelajar akan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan. “Harapan saya lahir prestasi-prestasi pelajar se-Jatim. Saya minta pentas seni ini bukan hanya dapat dirasakan oleh pelajar saja, namun untuk semua orang di seluruh Indonesia maupun seluruh dunia,” tuturnya.

Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim juga mengaku bangga bisa melihat calon-calon penerus bangsa Indonesia. Pasalnya, kata Gus Ipul, pemuda yang terdidik itu sangat berharga di mata dunia. Tanpa adanya pemuda yang terdidik, Indonesia tidak akan bisa bersatu, tidak dapat menjadi Indonesia yang seutuhnya.

“Kita bangkit bersama para pelajar se-Jawa Timur untuk membangun Indonesia seutuhnya. Saya yakin semua pelajar yang ada di hadapan saya jika bersatu maka Indonesia akan semakin makmur, kemiskinan tidak akan pernah melanda, dan semakin erat Bhinneka Tunggal Ika,” tegasnya.(adv/disbudparpora/udn)

Keterangan gambar : (atas) Peserta Pentas Seni Provinsi Jawa Timur. (bawah) Kepala Disbudparpora Kota Kediri, H Nur Mukhyar.(foto:fasihhuddin kholili)

Recommended For You