Penuhi Kuota Perempuan, Bawaslu Kabupaten Kediri Perpanjang Rekrutmen PKD

Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Umah

Kediri(adakitanews.com)—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kediri, melakukan perpanjangan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kelurahan atau Desa (PKD), yang belum memenuhi kuota perempuan.

Perpanjangan masa rekrutmen PKD ini khusus bagi desa atau kelurahan yang belum ada pendaftar perempuannya.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Kediri membuka pendaftaran atau penerimaan calon anggota PKD untuk Pemilu 2024 di telah berlangsung pada 14-19 Januari 2023.

Untuk teknis rekrutmen PKD ini dilakukan oleh Panwaslu di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Kediri.

Selanjutnya, sesuai dengan laporan dari Panwaslu Kecamatan, hingga batas akhir pendaftaran rekrutmen PKD, masih ada kelurahan/desa yang belum memenuhi kuota perempuan.

Sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, Bawaslu wajib memperhatikan kuota perempuan dalam setiap rekrutmen lembaga adhoc.

“Untuk saat ini Bawaslu Kabupaten Kediri memang ada tahapan perpanjangan petugas PKD bagi perempuan,”jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Umah, Selasa (24/1/2023).

Diungkapkan Saidatul Umah, rekrutmen tahapan perpanjangan PKD perempuan ini dari hasil laporan Panwaslu Kecamatan.

Dari laporan tersebut ada di 21 kecamatan di 40 Desa itu memang belum terpenuhi kuota perempuan bagi anggota PKD.

“Sesuai juklak dan juknis kami Bawaslu Kabupaten Kediri membutuhkan 30 persen anggota PKD khusus perempuan. Karena kuota itu belum terpenuhi maka kami melakukan perpanjangan,”ungkap Saidatul Umah.

Atas hal tersebut, Bawaslu Kabupaten Kediri memutuskan agar pendaftaran Panwaslu Kelurahan/Desa yang belum memenuhi kuota perempuan, masa rekrutmennya diperpanjang.

“Masa perpanjangannya ini berlangsung selama tiga hari, mulai 24-26 Januari 2023. Khususnya perempuan, yang ingin bergabung bisa mendaftar ke masing-masing Panwaslu Kecamatan di masa perpanjangan rekrutmen,”ucap Saidatul Umah.(Gar).

Recommended For You