Penyandang Tunanetra Tentukan Hak Pilih Lewat Templet Braille

2015-12-07_15.18.31ADAKITANEWS, Kediri – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kurang dari 2 hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri lakukan beberapa persiapan. Persiapan itu diantaranya, templet braille untuk memudahkan penyandang tunanetra memilih Bupati dan Wakil Bupati Kediri.

Pilkada serentak akan dilangsungkan pada tanggal 9 Desember tahun ini. Artinya, kurang dari 2 hari lagi, 5 tahun masa depan Kabupaten Kediri akan ditentukan. Demi kesuksesan tersebut, KPU Kabupaten Kediri lakukan sosialisasi terhadap 400 penyandang disabilitas, Senin (07/12).

“Disetiap TPS akan disediakan satu tamplet braille bagi penyandang tuna netra,”ungkap Gogo Cahyo Baskoro Devisi Humas dan Sosialisasi KPU Jawa Timur.

Menurutnya, meskipun hanya satu tamplet braille yang disediakan oleh KPU Kabupaten Kediri di masing-masing Tempat Pemungutan Suara(TPS), sudah mampu dipakai berulang-ulang sesuai banyaknya para penyandang tuna netra yang masuk dalam TPS tersebut.

“Templet itu akan dipakai berkali-kali oleh para penyandang tunanetra,”jelasnya.

Sementara Syamsuri anggota komisioner KPU Kabupaten Kediri berharap kepada seluruh petugas di setiap TPS untuk mendahulukan para disabilitas, ibu hamil, dan para lansia agar tidak mengantri terlalu lama. Karena, imbuhnya, mendahulukan para penyandang disabilitas untuk menentukan hak pilihnya adalah sebuah layanan yang utama.

“Disabilitas harus mendapatkan pelayanan yang baik, harus didahulukan tanpa mengantri terlalu lama,” terangnya.(blot)

Keterangan Gambar : Sosialisasi untuk penyandang disabilitas tuna netra oleh KPU Jawa Timur 

Recommended For You