ADAKITANEWS, Blitar – Fokus program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar salah satunya mengembangkan tempat wisata, termasuk akses jalan menuju lokasi wisata. Sementara tahun ini, masih ada 3 tempat wisata yang bakal menjadi prioritas pengembangan, diantaranya wisata Penataran di Kecamatan Nglegok, wisata Sirah Kecong di Kecamatan Wlingi, dan wisata pantai Serang di Kecamatan Panggungrejo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Blitar, Harpiyanto Nugroho mengatakan, di tahun 2017 lalu untuk pembangunan jalan menuju wisata sirah kencong sudah mencapai 70 persen, mulai jalur dari arah Sengon menuju Sirah Kencong. Dijelaskannya, untuk tahun 2018 ini pihaknya akan membangun jalan mulai dari Wlingi sampai dengan Sirah Kencong.

“Tahun lalu kan sudah mencapai sekitar 70 persen. Jadi tahun ini pembangunan jalannya tinggal penyelesaian. Untuk itu kita anggarkan sebesar Rp 8 miliar untuk pembangunan dari Wlingi menuju Sirah Kencong,” kata Harpi, Rabu (07/02).

Menurut Harpi, setelah jalur wisata mulai Wlingi dan Sirah Kencong selesai, baru pihaknya akan segera merencanakan pembangunan jalur mulai dari Semen Gandusari sampai dengan Sirah Kencong. Ia menargetkan, pembangunan jalan menuju arah Sirah Kencong tahun harus tuntas.

“Pengembangan wisata Sirah Kencong kan akan dilaksanakan pada tahun 2019, jadi tahun ini kita kebut agar pembangunan jalan bisa tuntas,” pungkasnya.

Harpiyanto menambahkan, pihaknya optimis jalur Sirah Kencong mulai Wlingi sampai Sirah Kencong akan selesai akhir tahun ini, dan sudah dapat dilalui para wisatawan pada 2019. “Kita yakin untuk pembangunan jalan dari Wlingi ke Sirah Kencong tahun ini rampung,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Harpiyanto Nugroho, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Blitar.(foto : fathan)