width=

ADAKITANEWS, Kota Blitar – PT Kereta Api Indonesia Persero Daop 7 Madiun akan menambah 3 rangkaian kereta yang akan melayani perjalanan penumpang jarak jauh. Tiga rangkaian KA tersebut akan mulai beroperasi pada 1 April 2017 mendatang.

Wakil Kepala Stasiun Blitar, Muhammad Nur Ghozuli kepada Tim Adakitanews.com mengatakan, 3 rangkaian kereta baru tersebut akan melayani penumpang dari Blitar menuju Kota Bandung hingga Stasiun Merak Jakarta maupun sebaliknya. “Tiga rangkaian itu terdiri dari KA Krakatau yang melayani penumpang tujuan Blitar – Merak Jakarta, KA Brantas tujuan Blitar-Jakarta Pasar Senen, dan KA Kahuripan yang menarik penumpang tujuan Blitar – Kota Bandung,” jelasnya, Kamis (16/03).

Ditambahkan Ghozuli, 3 kereta baru itu sengaja dioperasikan untuk memaksimalkan pelayanan penumpang jarak jauh. “Jadi biar maksimal melayani penumpang, karena perjalanan kereta api menuju arah barat, mulai dari Stasiun Ngunut hingga Madiun itu pasti penuh. Jadi ini juga biar penumpang tambah nyaman,” kata Ghozuli.

Lanjut dia, 3 KA baru itu memiliki besaran tarif yang berbeda. “Kalau KA Krakatau itu Ekonomi Komersil, sedangkan untuk KA Brantas dan KA Kahuripan itu tiketnya disubsidi pemerintah, jadi lebih murah. Kalau harganya masih belum,” tukasnya.

Dengan adanya 3 Kereta Api baru, seluruh jadwal pemberangkatan Kereta Api juga akan mengalami perubahan. “Otomatis begitu, rencana pemberangkatan ada di Customer Service, kalau saya nggak apal,” tutupnya.(blt1)