Kediri(adakitanews.com)—Dewan Pimpinan Cabang perhimpunan advokat Indonesia (PERADI) Kediri Raya terus konsisten dalam mencegah penularan covid 19 di era new normal ini. Bentuk nyata aksi yang dilakukan para lawyer yang tergabung dalam suara advokat Indonesia ini, yakni membagikan sekitar 10 perangkat cuci tangan dan tandon air berkapasitas besar di beberapa tempat umum kawasan kelurahan Mrican kecamatan Mojoroto Kota Kediri, jum’at (16/10/2020).

Beberapa titik yang disasar, diantarnya kawasan tempat ibadah, balai kelurahan Mrican, perempatan, dan kawasan perkampungan. Ketua DPC PERADI SAI Kediri Budiarjo Setiawan, SH, MH mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka hari cuci tangan sedunia.

Kegiatan ini dilakukan secara berkelanjutan di beberapa tempat lain. Pertimbangan diberikannya drum cuci tangan karena masyarkat mulai mengabaikan pentingnya cuci tangan dalam mencegah penularan covid 19. Apalagi di Kota Kediri belum ada perda protokol kesehatan terkait cuci tangan, hanya ada Perda tentang masker saja.

“Selama ini yang ada di perda adalah tentang physical distancing dan tentang penggunaan masker dan penegakan aturan tentang hal tersebut” ungkap budi

Lebih lanjut menurut Budi, kegiatan ini untuk menumbuh kembangkan kembali kesadaran masyarakat pentingnya cuci tangan. Ia berharap apabila kegiatan seperti ini dapat diikuti elemen masyarakat yang lain, organisasi, maupun badan usaha non pemerintah secara konsisten dan berkelanjutan ditempat2 lain, sambil menunggu program vaksin dari pemerintah maka pandemi covid 19 ini akan dapat segera dilalui minimal diminimalisir penularannya.

Sementara itu Yuli Rachmawati lurah Mrican kecamatan mojoroto kota Kediri mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada PERADI kediri. Sejauh ini sebelumnya PERADI juga telah memberikan bantuan sebelumnya yakni berupa Alat pelindung diri (APD), masker, hand soap. pihaknya berhap dengan kegiatan ini bisa menggugah kesadaran masyarkat terkait pentingnya cuci tangan.(gar).