Perbub Tentang Kesenian di Jombang Akan Segera Dibahas

631

ADAKITANEWS, Jombang ā€“ Pemerintah Kabupaten Jombang sampai saat ini belum mempunyai payung hukum atau Peraturan Bupati (Perbub) tentang kesenian dan pelestarian budaya di Kabupaten Jombang. Namun dalam waktu dekat, Pemkab melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengaku bakal segera membahas terkait peraturan tersebut.

Seperti diungkapkan oleh Ketua Dewan Kesenian Jombang, Nanda Sukman yang mengatakan bahwa saat ini ia akan mengupayakan untuk membuat draft tentang kesenian yang ada di Kabupaten Jombang, yang nantinya akan direkomendasikan ke Bupati Jombang untuk ditetapkan sebagai Perbub.

“Beberapa program yang menjadi fokus utama yakni upaya untuk membuat payung hukum tentang kesenian di Jombang,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Jombang, Tjitrawati Cici mengatakan bahwa pihak Dewan Kesenian Jombang sudah menemui pihaknya untuk melakukan pembahasan terkait Perbub tentang kesenian tersebut.

Tjitrawati cici juga mengatakan akan memfasilitasi Dewan Kesenian Jombang untuk bertemu Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko untuk membahas draft dari payung hukum kesenian Jombang. “Saya akan memfasilitasi Dewan Kesenian Jombang untuk bertemu Bupati Jombang,” jelas Kepala Disbudpar saat ditemui Tim Adakitanews.com di ruangannya, Kamis (15/06).

Ketika disinggung soal gedung kesenian, Tjitrawati Cici mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya ke Kementerian terkait. Namun hasil dari pertemuan tersebut, gedung kesenian tidak biasa direalisasikan, sebab tidak memiliki landasan hukum. Sementara untuk ruang publik kesenian, bisa dilakukan dengan pembangunan panggung kesenian di tempat pariwisata.

“Untuk gedung kesenian tidak bisa dibangun karena tidak ada cantolan hukumnya. Nanti untuk bentuk ruang publik kesenian bisa berupa panggung kesenian yang diletakkan di tempat pariwisata. Sedangkan kami akan memaksimalkan panggung yang ada di Tirta Wisata,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Kepala Disbudpar Kabupaten Jombang, Tjitrawati Cici.(foto:adi rosul)