ADAKITANEWS, Jombang – DPD Partai Perindo Kabupaten Jombang telah menyatakan sikap pada gelaran Pilkada Jombang 2018 mendatang. Salah satunya adalah ketegasan bahwa partai besutan Hary Tanoesoedibjo ini tidak akan memberikan dukungannya terhadap calon incumbent.

Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Jombang, Drs Achmad Tohari mengungkapkan bahwa pernyataan sikap tersebut sudah menjadi instruksi dari DPP Partai Perindo. “Untuk Pilkada Jombang, kami sudah mendapat imbauan dari DPP ke DPD Perindo Jombang untuk tidak diperkenankan mendukung calon incumbent pada Pilkada Jombang,” ungkapnya, Selasa (19/12).

Dalam pilkada kedepan, Achmad Tohari mengatakan bahwa pihaknya justru akan mendukung pasangan Mundjidah Wahab, yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Jombang, dan Sumrambah yang merupakan mantan Ketua DPC Partai PDI Perjuangan dan juga diketahui pernah maju dalam Pilkada 2013 lalu.

Sikap politik tersebut, lanjut Achmad Tohari, sudah dilakukan dengan bukti penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama pasangan calon beberapa bulan lalu.

Menurut penuturan Achmad Tohari, alasan partainya mendukung pasangan Mundjidah Wahab dengan Sumrambah adalah lantaran ditengarai hasil survei yang dilakukan oleh internal Partai Perindo, dan hasilnya diatas elektabilitas dari incumbent.

“Kami sudah melakukan survei internal yang hasilnya mengatakan elektabilitas Mundjidah Wahab mencapai 47 persen jika sendirian. Dan bila dipasangkan dengan Sumrambah maka elektabilitas pasangan tersebut mencapai 58 persen. Inilah yang menjadi alasan kami memilih pasangan tersebut,” papar Ketua DPD Partai Perindo Jombang.

Sementara, Achmad Tohari juga menyampaikan bahwa Partai Perindo dalam naskah MoU yang sudah disepakati menerangkan akan ikut serta dalam penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), jika pasangan yang didukungnya terpilih pada Pilkada 2018 mendatang.

“Ada 9 poin dalam naskah MoU. Salah satunya bahwa Perindo ingin ikut serta menuangkan gagasan dalam menyusun Visi dan Misi Bupati terpilih dalam menyusun APBD di tahun berjalan itu guna membangun Jombang lebih sejahtera lagi,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Jombang, Drs Achmad Tohari.(foto:adi rosul)