Peringatan Hari Lansia di Kediri, Antok : Mereka Kita Hibur dan Perhatikan

Kediri(adakita- Peringatan hari Lanjut Usia (Lansia) diperingati oleh sejumlah warga Kabupaten Kediri. Sekitar 35 warga lanjut usia mengikuti acara yang diadakan oleh komunitas Rumah Lansia dan Gusdurian Pare, Sabtu (28/5/2022).

Koordinator acara Peringatan Hari Lansia Antok Mbeler, mengatakan kegiatan Peringatan ini sekaligus menjadi acara halal bihalal bersama para Lansia. Mengingat kepedulian rasa sesama kemanusiaan perlu dipupuk, khususnya bagi mereka Lansia yang terlantar.

“Kami menyambut hari Lansia ini agar para lansia hidup sehat dan bahagia. Pada intinya, terutama dirumah lansia Kusnugroho ini,” kata Antok.

Dia menjelaskan acara ini dikhususkan kepada para lansia penghuni rumah Lansia Kusnugroho yang berlokasi di Pasar Loak Kongan Pare. Dimana aktivitasnya bergerak bukan dari sebuah yayasan atau lembaga, tetapi dari relawan Gusdurian Pare dan Lereng kelud. Serta berbagai Komunitas sosial lainnya.

Dibalik aktivitas itu, disebutkan Antok, diperlukan seorang relawan yang mempunyai hati kebaikan. Sebab setiap harinya merawat para lansia yang mayoritas sudah tidak mempunyai saudara.

“Makna acara ini, sekaligus halal bihalal, terutama dirumah Lansia ini tidak punya keluarga dan siapa-siapa. Untuk menghibur mereka,” ujarnya.

Selain tidak mempunyai kerabat saudara, dikatakan Antok latar belakang para lansia ini, juga sebagian ada ditelantarkan, hingga ditinggal keluarga. Secara agama juga beragam mulai islam, budha, Kristen, dan lain sebagainya.

“Kita perlakuan sama disini para lansia, mulai pekerjaan aktivitas hingga kesehatan kita perhatikan,” pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan Dinsos Kabupaten Kediri Pancawati menuturkan peringatan hari lansia ini yang dikemas dengan halal bihalal.

“Ini suatu anugerah bila kita bisa menginjak usia atau lansia. Tentunya dengan mengajak mereka bahagia ,para lansia diharapkan sehat jasmani dan rohani,”tutur Pancawati.(Gar).

Recommended For You