ADAKITANEWS, Kediri – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), seluruh pelajar dan staf Pemerintahan Kecamatan Wates Kabupaten Kediri laksanakan upacara di tempat masa kecil Bung Karno (Dalem Pojok), Selasa (02/05).

Kades Pojok Kecamatan Wates, Darwanto mengaku sangat bersyukur lantaran di wilayahnya terdapat sebuah tempat masa kecil seorang tokoh pendidikan dan juga bapak bangsa. “Bung Karno adalah contoh dan teladan bagi penerus bangsa, yang mana pendidikan itu paling utama dalam terbentuknya sebuah negara. Saya sangat bersyukur Desa Pojok pernah ditempati seorang tokoh Proklamator, meski hanya masa kecilnya saja,” cakapnya.

Sementara itu Camat Wates, Ngaseri yang memimpin jalannya upacara peringatan Hardiknas tersebut, tepatnya di halaman Dalem Pojok berharap, dengan momen ini pendidikan di Indonesia, khususnya di Kecamatan Wates bisa terus ditingkatkan.

“Dalam kesempatan ini saya sampaikan pendidikan di Kecamatan Wates harus lebih ditingkatkan, sebab semakin berkembangnya teknologi, semakin sulit pula menata moral anak-anak. Terutama guru harus mengajarkan norma-norma keagamaan, agar anak terkontrol etika dan sopan santun,” ujarnya.

Selain melaksanakan upacara, warga juga mengadakan pentas seni yang disuguhkan oleh anak-anak Paud. Tak hanya itu, juga dilakukan pemotongan nasi tumpeng yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan, sekaligus memanjatkan doa kepada para pejuang bangsa.(udn)

Keterangan gambar : Upacara Hardiknas di Dalem Pojok, tempat masa kecil Bung Karno.(foto:fasihhuddin kholili)