Peringati HPN 2017, PWI Blitar: Konten Hoax Tidak Layak Tayang

ADAKITANEWS, Blitar – Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 dan HUT PWI ke-71, wartawan Blitar raya menggelar aksi turun ke jalan dan menyuarakan aspirasi menolak adanya berita hoax yang selama ini mengganggu stabilitas dan keamanan di Indonesia, Kamis (09/02) siang.

Aksi damai yang dilakukan di simpang empat lovi Kota Blitar tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta menggelar orasi menolak kemunculan konten hoax yang dapat mengganggu stabilitas nasional serta dapat merusak citra awak media.

“Konten hoax itu tidak layak tayang, karena apa? Isi dalam penulisannya sudah melenceng dan tak sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang selama ini dipegang teguh oleh para awak media,” kata Hendi Yudiantoro, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Blitar Raya.

Hendi menjelaskan aksi damai ini dilakukan dalam rangka mengajak masyarakat Indonesia khususnya Blitar raya untuk lebih cerdas dalam memilih konten berita yang akan dikonsumsi. Selain itu ia berharap agar Dewan Pers terus melakukan upaya sertifikasi bagi para pekerja berita, sehingga munculnya berita-berita hoax dapat ditangkal lebih dini.

“Kami juga meminta agar Dewan Pers untuk melakukan langkah – langkah konkret berupa sertifikasi. Sertifikasi jurnalisme itu perlu bagi pekerja media, sehingga kumpulan berita hoax yang sifatnya dapat mengganggu stabilitas nasional dan memecah belah masyarakat dapat segera dicegah,” imbuhnya.

Sementara, Walikota Blitar, Santoso meminta momen peringatan Hari Pers Nasional 2017 dan HUT PWI ke-71 dapat menjadi tonggak perubahan bagi para media dalam menyajikan berita. “Intinya kalau bisa media harus lebih baik dalam memberitakan sesuatu (kejadian,red). Karena biar bagaimanapun peran media sangat berpengaruh terhadap sebuah pembangunan di suatu daerah,” ungkapnya.(blt1)

Keterangan gambar: Aksi peringatan HPN wartawan Blitar Raya.(foto: glorian)

Recommended For You