ADAKITANEWS, Jombang – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-72, puluhan anggota TNI dari Kodim 0814/Jombang melakukan aksi kemanusiaan dengan menyalurkan air bersih di daerah pelosok di Kabupaten Jombang, Kamis (10/08).

Lokasi pengiriman bantuan air bersih yang dilakukan oleh puluhan anggota TNI tersebut berada di Dusun Banyuasin Desa Kromong Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Untuk menuju ke lokasi pengiriman bantuan air bersih itu, para anggota TNI harus melalui dua Kabupaten. Sebab lokasi tujuan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4. Dua Kabupaten itu yakni Kecamatan Ndawar dan Kecamatan Kemlagi Kabupaten Mojokerto dan juga Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan.

Menurut penjelasan Komandan Koramil Ngusikan, Kapten Samsul, pemilihan lokasi tersebut dilakukan lantaran dalam beberapa minggu ini warga di sana merasakan kekurangan air bersih layak konsumsi. Sedangkan untuk mendapatkan air, warga harus berjalan sejauh 1 kilometer di dalam lokasi hutan.

Kondisi tersebut menurut Kapten Samsul diakibatkan oleh saluran pengeboran pada sumber mata air yang selama ini dimanfaatkan oleh warga setempat tidak berfungsi. “Dalam beberapa minggu ini warga Dusun Banyuasin mengalami krisis air bersih yang diakibatkan saluran air pada sumber mata air tidak berfungsi sehingga warga kekurangan stok air bersih layak konsumsi,” ungkap Danramil Ngusikan.

Saat ditanya jumlah bantuan air bersih yang dikirim, Kapten Samsul menerangkan bahwa pihaknya membawa air sejumlah 4.000 liter yang terbagi dalam 2 mobil tangki dari PDAM Kabupaten Jombang dan BPBD Kabupaten Jombang.

Dari 4.000 liter air tersebut, disalurkan pada 2 titik yang berbeda di Dusun Banyuasin Desa Kromong Kecamatan Ngusikan.

Setibanya di lokasi, rombongan anggota TNI dari Kodim 0814/Jombang langsung diserbu oleh warga setempat.Salah satu warga saat ditemui oleh Tim Adakitanews.com mengatakan bahwa bantuan yang dikirim ke daerahnya sangat membantu warga setempat. Masyarakat juga berharap kedepan Pemerintah Kabupaten Jombang lebih peduli lagi pada warganya, terlebih lagi pada masyarakat Dusun Banyuasin Desa Kromong Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang.

“Saya sangat bersyukur hari ini mendapat bantuan air bersih. Saya berharap kedepan pemerintah lebih peduli lagi sehingga kedepan tidak lagi ada kekeringan air,” ujar Sukemi saat diwawancarai.(ar)

Keterangan gambar: Warga saat mengantre air. (bawah) Akses menuju Dusun Banyuasin.(foto:adi rosul)