ADAKITANEWS, Tulungagung – Tepat di hari sumpah pemuda, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Tulungagung menggelar aksi damai, Sabtu (28/10).

Dengan membawa spanduk, poster, bendera merah putih serta bendera PMII, ratusan mahasiswa ini berangkat dari kantor sekretariat di Jalan Letjen Suprapto, menuju pusat kota dengan berjalan kaki. Di sepanjang jalan yang dilalui, mereka bernyanyi sambil melakukan orasi.

Dengan kawalan petugas Kepolisian Resor Tulungagung, massa sempat berhenti di simpang empat TT untuk melakukan serangkaian orasi secara bergantian. Aksi mereka juga menjadi perhatian pengguna jalan. Bahkan sempat membuat arus lalu lintas di ruas jalan protokol tersebut tersendat. Setelah berorasi, mereka melanjutkan aksinya menuju depan gedung DPRD setempat.

Ketua PC PMII Tulungagung, Mohammad Habibi mengatakan aksi damai itu dilakukan karena keprihatinan mereka dengan kondisi bangsa yang semakin jauh dari rasa persatuan. Habibi mengatakan, saat ini keutuhan NKRI sedang dalam ancaman. Ancaman itu tidak saja datang dari luar, namun juga ada dorongan dari dalam negeri sendiri.

“Aksi ini kita lakukan sebagai bentuk refleksi di hari Sumpah Pemuda. Kami melihat adanya ancaman untuk memecah belah NKRI,” kata Ketua PC PMII Tulungagung, Mohammad Habibi.

“Kami dari PMII cabang Tulungagung, berkewajiban menjaga keutuhan NKRI, apalagi sekarang ini muncul ancaman untuk mengganti ideologi Pancasila. Kami siap menjadi garda terdepan menghadapi ancaman tersebut,” katanya berapi-api.

Lanjut Habibi, pihaknya juga mengajak segenap elemen pemuda untuk selalu merapatkan barisan menjaga keutuhan NKRI dan mempertahankan Ideologi Pancasila. “Semoga apa yang kita lakukan ini, menjadi marwah perjuangan, utamanya mahasiswa dan kaum muda. Karena sejarah telah mencatat peran pemuda dalam perjuangan bangsa jaman dulu sangat diperhitungkan,” pungkas Habibi.(ta1)

Keterangan gambar : Aksi Damai PMII cabang Tulungagung.(foto : acta cahyono)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/281017-ta1-tulungagung-pmii-3-1024x573.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/281017-ta1-tulungagung-pmii-3-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,mahasiswa,pmii,Sumpah Pemuda,tulungagun
ADAKITANEWS, Tulungagung – Tepat di hari sumpah pemuda, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Tulungagung menggelar aksi damai, Sabtu (28/10). Dengan membawa spanduk, poster, bendera merah putih serta bendera PMII, ratusan mahasiswa ini berangkat dari kantor sekretariat di Jalan Letjen Suprapto, menuju pusat kota dengan...