ADAKITANEWS, Jombang – Perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) diprediksi akan memunculkan wajah baru pada periode tahun ini. Pasalnya ada peraturan baru dari Komisi Pemilihan Umum yang mengatur bakal calon anggota PPK dan PPS.

Seperti yang dijelaskan oleh anggota komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi, Drs M Fatoni, bahwa pada tahapan seleksi tahun ini ada peraturan KPU terbaru yang mengatur periodesasi untuk calon pendaftar PPK dan PPS.

“Pada peraturan KPU terbaru ada syarat periodesasi, yakni jika sudah pernah menjabat sebagai penyelenggara pemilu dua periode maka tidak diperkenankan untuk mengikuti. Dua periode yang dimaksud yaitu periode 2005 sampai 2009 dan periode kedua 2010 hingga 2014,” ungkap M Fatoni saat ditemui Tim Adakitanews.com, Kamis (12/10).

Selanjutnya untuk mendeteksi calon anggota PPK dan PPS sesuai periodesasi, KPU akan memperketat data calon yang mendaftar melalui database yang dimiliki oleh KPU. “Nanti daftar riwayat hidup dan pengalaman kepemiluan para calon anggota PPK dan PPS akan kita seleksi melalui database. Hal tersebut untuk memonitoring riwayat kepemiluan dari masing-masing pendaftar,” paparnya.

M Fatoni juga menegaskan jika ada pendaftar yang melanggar peraturan dari seleksi calon PPK dan PPS, maka akan ditindak tegas sesuai dengan hukum yang berlaku. “Jika dikemudian hari setelah anggota PPK dan PPS setelah dilantik diketahui pernah menjadi penyelenggara pemilu selama dua periode sebelumnya maka akan kita lakukan tindakan hukum karena telah memberikan keterangan palsu saat mendaftar. Dan juga secara otomatis akan diberhentikan status keanggotaannya,” tegas M Fatoni.

Terpisah, Alex, 40, warga Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang saat diwawancarai Tim Adakitanews.com sesaat setelah melakukan pendaftaran di KPU Kabupaten Jombang mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui akan peraturan baru mengenai periodesasi tersebut. Ia baru mengetahui saat mengambil formulir pendaftaran di KPU. “Saya baru mengetahui aturan itu waktu mengambil formulir tadi. Untung saja saya baru sekali menjadi PPS pada periode kemarin,” pungkasnya.(ar)

Keterangan gambar: Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi, Drs M Fatoni.(foto:adi rosul)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/121017-ar-jombang-kpu-1-1024x685.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/121017-ar-jombang-kpu-1-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,jombang,kpu,ppk,pps
ADAKITANEWS, Jombang – Perekrutan calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) diprediksi akan memunculkan wajah baru pada periode tahun ini. Pasalnya ada peraturan baru dari Komisi Pemilihan Umum yang mengatur bakal calon anggota PPK dan PPS. Seperti yang dijelaskan oleh anggota komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi...