ADAKITANEWS, Jombang – Konflik yang dialami oleh etnis Rohingya di Myanmar, mendorong ratusan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) Jombang melakukan aksi solidaritas, Rabu (06/09).

Aksi dimulai dengan longmarch dari Universitas Darul’Ulum Jombang menuju Taman ASEAN yang berada di Jalan Wahid Hasyim Kabupaten Jombang. Saat berada di lokasi, ratusan massa dari Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) serta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini secara bergantian berorasi menyuarakan kekecewaan terhadap aksi yang dilakukan oleh pemerintah Myanmar terhadap etnis Rohingya.

“Kami disini mengecam tindakan pemerintah Myanmar atas konflik yang dialami oleh etnis Rohingya sehingga menimbulkan banyak korban jiwa,” tegas Wahyu Hidayat, Ketua DPC GMNI Jombang saat berorasi.

Tidak hanya berorasi, massa juga melakukan perobekan bendera negara Myanmar yang dibawa oleh anggota aliansi. Sebelum perobekan bendera, massa terlebih dahulu melakukan aksi tabur bunga di Taman ASEAN.

Setelah dari Taman ASEAN, ratusan massa bergerak menuju gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jombang. Mereka, kembali melakukan orasi dan menyuarakan beberapa tuntutan.

Tidak berselang lama, perwakilan anggota DPRD Kabupaten Jombang, Drs M Subaidi M.Si dan Minardi SH menemui massa dan membacakan beberapa tuntutan dari aliansi GAM Jombang. “Konflik yang dialami oleh Rohingya merupakan kasus kejahatan kemanusiaan bukan kasus keagamaan,” tandas Subaidi.

Sementara Ketua Koordinator Lapangan, Syahdan menyampaikan bahwa aksi yang dilakukan tersebut merupakan aksi damai sebagai bentuk dukungan moral terhadap konflik yang dialami oleh etnis Rohingya. “Ini merupakan bentuk dukungan terhadap konflik Rohingya, maka dari itu kami menuntut untuk adili pelaku genosida di Rohingya. Selamatkan muslim Rohingya, usir Kedubes Myanmar dari Indonesia dan cabut nobel perdamaian Aung San Suu Kyai serta coret Myanmar dari ASEAN,” ujar Syahdan saat diwawancarai Tim Adakitanews.com.(ar)

Keterangan gambar: Ratusan massa aksi aliansi GAM Jombang saat melakukan unjuk rasa.(foto: adi rosul)