ADAKITANEWS, Jombang – Peringatan wafatnya KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke-8 yang akan berlangsung pada Kamis (28/12) malam, rencananya bakal dihadiri oleh ribuan tamu undangan dan ratusan tamu VIP dari seluruh daerah di Indonesia.

Pantauan Tim Adakitanews.com di Pondok Pesantren Tebuireng Kabupaten Jombang yang diketahui akan dijadikan lokasi Haul Gus Dur, sudah terlihat berbagai persiapan. Di antaranya penataan kursi tamu, tenda, hingga panggung.

Pengurus Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Iskandar menyampaikan bahwa persiapan untuk Haul Gus Dur sudah mencapai 99 persen. Untuk tamu undangan sendiri, Iskandar mengaku sudah menyebar 300 undangan VIP dari pimpinan daerah dan provinsi. “Undangan kami sudah menyebarkan 300 undangan VIP. Dan untuk undangan umum kita estimasikan 6.000 orang,” ungkap Iskandar.

Iskandar juga menyebutkan bahwa akan ada tiga tamu yang akan menjadi pembicara pada Haul Gus Dur ke-8 kali ini. Pesan yang akan disampaikan pada acara tersebut, lanjut Iskandar, bertujuan untuk mengenang pemikiran-pemikiran Gus Dur semasa hidup.

“Nanti ada tiga pembicara, yakni Prof Dr M Mahfud MD, Dr Rizal Ramli, dan Dra Khofifah Indar Parawansa. Pesan yang akan disampaikan nantinya tentang buah pemikiran Gus Dur,” paparnya.

Sementara itu, bagi peziarah makam Gus Dur, hari ini rencananya masih akan dibuka dan baru ditutup pada pukul 16.30 WIB. “Bagi peziarah umum akan ditutup sementara pada pukul 16.30 WIB dan akan dibuka kembali pada pukul 00.00 WIB,” pungkas Iskandar.(ar)

Keterangan gambar: Situasi di sekitar makam Gus Dur di PP Tebuireng Jombang menjelang Haul Gus Dur ke-8.(foto:adi rosul)