ADAKITANEWS, Kota Madiun – Kegiatan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-24 tahun 2017 di Kota Madiun dipusatkan di GOR Stadion Wilis Kota Madiun, Jumat (15/09). Untuk lebih menyemarakkan acara, diselenggarakan juga pertandingan bola voli yang pesertanya adalah Karang Taruna dan PKK, dari seluruh Kelurahan di Kota Madiun.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun ini mengambil tema, “Olahraga Menyatukan Kita,” dengan sub temanya yakni, “Ayo Olahraga Untuk Indonesia Sehat Dan Produktif.”

Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto mengatakan, peringatan Haornas merupakan ajang pembinaan bagi para atlet olahraga. Di samping itu melalui olahraga, mampu meningkatkan produktivitas bagi yang menekuninya.

Ia menambahkan, peringatan Haornas ke-24 tahun 2017 ini juga sebagai pembangkit semangat berolahraga di tanah air, sekaligus untuk menggairahkan dan memotivasi masyarakat agar giat berolahraga.

Pemkot Madiun sendiri, kata Walikota, akan berkomitmen terus memberikan dukungan bagi pembinaan dan pembibitan atlet di berbagai cabang olahraga. “Sudah kita ketahui bersama Disbudparpora sudah secara intensif melakukan pembinaan terhadap atlet tingkat pelajar. Saat ini kita berikan ruang bagi ibu – ibu PKK serta Karang Taruna,” jelas Walikota Sugeng Rismiyanto, Jumat (15/09).

Masih menurut Walikota, kegiatan olahraga atau hidup sehat melalui olahraga merupakan hak setiap masyarakat baik remaja, muda, maupun yang sudah lanjut usia.

Sementara itu Kepala Disbudparpora Kota Madiun, Agus Purwowidagdo mengatakan, kejuaraan bola voli untuk memeriahkan Haornas tersebut rencananya akan dilaksanakan selama empat hari mulai Jumat (15/09) hingga Senin (19/09) mendatang. ‚ÄúDalam pertandingan voli antar kelurahan tersebut, setiap kelurahan mengirimkan dua tim putra dan putri dengan jumlah pemain setiap timnya adalah sepuluh orang. Sehingga dari 27 Kelurahan se-Kota Madiun ada 54 tim yang berlaga atau 540 pemain yang berpartisipasi,” terang Agus.

Pada pertandingan kali ini, pihak panitia juga menyediakan hadiah berupa piala dan uang pembinaan. “Juara 1 piala dan uang pembinaan Rp 7 juta, juara 2 piala dan uang pembinaan Rp 5 juta, serta juara 3 piala dan uang pembinaan Rp 3 juta, sehingga total ada Rp 30 juta uang pembinaan,” lanjut Agus.

Keterangan gambar : Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto saat melakukan servis sebagai tanda dimulainya pertandingan voli.(foto : budiyanto)