Perubahan Aktivitas di Danau Kawah Gunung Kelud, Diduga Semburkan Gas Beracun

Kediri(adakitanews.com)—Aktivitas kawah Gunung Kelud yang diduga menyemburkan gas beracun serta adanya erupsi kecil di sekitar danau kawah, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tidak mendatangi Kawah Gunung Kelud.

Kabar tersebut ditulis PVMBG dalam laman akun resmi Twiternya. Dalam postingan itu tertulis “Teramati telah terjadi perubahan aktivitas di Danau Kawah Gunung Kelud. Potensi bahaya saat ini adalah pelepasan gas beracun dan erupsi freatik di sekitar Danau Kawah,”.

Kepala Pos Pantau Gunung Kelud PVMBG, Khoirul Huda mengatakan aktivitas Gunung Kelud saat ini masih berada pada level 1. Hal itu dinyatakan dalam taraf normal. Sedangkan untuk kondisi saat ini, kawah Gunung Kelud ada Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 1-2 m di atas puncak kawah. Suhu air danau kawah 37.5°C.

“Sedangkan untuk aktifitas saat ini berjumlah : 5, Amplitudo : 2-3 mm, S-P : 18-22 detik, Durasi : 65-300 detik,” ungkapnya.

Dia mengimbau, masyarakat tidak memasuki kawasan kawah aktif Gunung Kelud karena bisa terjadi aktivitas vulkanik tiba-tiba yang dapat mengancam keselamatan.(Gar).

Recommended For You