width=

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Hari Wasana tak henti-hentinya berpesan kepada seluruh siswa yang hendak mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Bukan hanya agar lebih giat belajar, para siswa juga diharap untuk tidak mudah percaya jika nantinya muncul kabar adanya kunci jawaban.

Kepada Tim Adakitanews.com, Hari Wasana menyampaikan, sehubungan dengan akan diadakannya UNBK, pihak Dinas Pendidikan mengimbau kepada para siswa-siswi khususnya mereka yang masih duduk di jenjang SMP untuk fokus pada pelatihan dan pembelajaran yang dilakukan.”Jangan percaya seandainya nantinya ada kabar yang terkait beredarnya kunci jawaban,” ujar Hari dalam wawancara singkatnya, Jumat (10/03).

Dikatakan Hari, dari total 29 lembaga pendidikan SMP baik negeri, swasta, atau yang sederajat, tercatat ada 3.738 siswa yang akan mengikuti UNBK tahun 2017. Secara teknis atau pembagian waktu, tiap-tiap sekolah bakal tidak sama penjadwalannya. “Bisa satu, dua, tiga gelombang. Tergantung dari jumlah fasilitas yang dimilikinya,” imbuh Hari.

Sebagai langkah persiapan, pada tanggal 20-21 Februari 2017 lalu juga telah diadakan pelatihan terhadap 50 orang teknisi di SMPN 1 Madiun. Dan sebagai pelatihnya, adalah proktor yang sudah ditunjuk oleh Puspendik.

Sementara, hasil pelatihan selama 2 hari tersebut, masing-masing teknisi sekolah juga telah melanjutkannya dengan program sinkron. “Sinkron adalah melakukan download terhadap program dan aplikasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 – 24 Februari 2017 lalu. Setelah itu melanjutkan dengan simulasi pada tanggal 27-28 Februari 2017, yang diikuti oleh seluruh sekolah baik swasta maupun negeri dan sederajat di Kota Madiun,” jelentreh Hari.

Untuk mendapat hasil yang lebih mantap, di Kota Madiun juga dilakukan sinkron tahap 2 tanggal 16 – 17 Maret 2017 dilanjutkan dengan simulasi pada tanggal 20-21 Maret 2017 mendatang.

Sekadar diketahui, terkait adanya sekolah yang belum memiliki komputer, Dinas telah mengarahkannya untuk menumpang sekolah lain. Seperti SMP Bakti Ibu diarahkan ke SMAN 3 Madiun, SMP PSM diarahkan ke SMKN 3 Madiun, SMP Taman Bakti diarahkan ke SMPN 6, dan SMP Muhammadiyah diarahkan ke SMPN 5 Madiun.(bud)

Keterangan gambar: Ilustrasi UNBK.(google.com)