Petani Korban Banjir di Jombang Terancam Tak Dapat Ganti Rugi

2016-01-05_19.14.20ADAKITANEWS, Jombang – Para petani di Jombang, Jawa Timur, yang menjadi korban banjir beberapa waktu lalu terancam tak dapat ganti rugi dari Pemerintah. Pasalnya, sebagian besar tanaman padi mereka yang membusuk setelah terendam banjir selama beberapa hari rata-rata berumur kurang dari satu bulan.

Kepala Dinas Pertanian, Hadi Purwantoro mengatakan, selain belum masuk kategori puso, kebanyakan petani yang menjadi korban banjir tidak mengikuti program asuransi. Sehingga, Hadi menambahkan, klaim ganti rugi tidak bisa dicairkan. Namun demikian, Dinas Pertanian berjanji bakal mengupayakan penggantian benih padi bagi mereka yang sawah dan tanaman padinya kebanjiran.

“Kalau sampai mati tanaman ya harus ditanam ulang. Hanya saja kita sementara ini belum ada kabar dari Pemerintah apakah ini ada bantuan atau tidak. Karena kita tiga tahun lalu kalau ada bencana itu memang ada bantuan benih pengganti tanaman padi yang mati,” kata Hadi Purwantoro, Selasa (05/01).

Salah satu petani, Sutomo asal Kecamatan Perak mengaku, harus mengeluarkan biaya produksi berlipat ganda akibat bencana banjir ini. Pasalnya, tanaman padinya yang baru berumur kurang dari satu bulan tidak bisa diselamatkan dan membusuk setelah terendam air cukup lama.

Bencana banjir yang melanda sebagian wilayah Jombang, Jawa Timur terjadi pada awal tahun ini. Selain menggenangi pemukiman warga, banjir yang disebabkan oleh luapan sungai akibat guyuran hujan deras selama lebih dari sepuluh jam di daerah setempat juga merendam lebih dari 300 hektar areal persawahan di enam Kecamatan, yakni Kecamatan Perak,Bandar Kedungmulyo,Megaluh, Tembelang, Kesamben dan Kecamatan Jombang.

Sawah yang tergenang rata-rata ditanami padi yang sebagian besar berumur satu bulanan. Dan sebagian kecil berumur dua bulan serta sebagian lainya tanaman padi yang mulai menguning.(Tari/Jati)

Keterangan Gambar : Rusak.Tanaman padi di Desa Karang Dagangan, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang rusak pasca banjir.

Recommended For You