Pihak Keluarga Sesalkan Vonis Anas Urbaningrum

1029

Ana Lutfi, adik Anas Urbaningrum saat ditemui di kediamannya-1

ADAKITANEWS, Blitar – Pasca pembacaan vonis oleh Mahkamah Agung (MA), Senin malam (7/6) di Jakarta, keluarga Anas Urbaningrum (AU) di Desa Ngaglik Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar menyesalkan vonis tersebut. Pasalnya, pihak keluarga menilai vonis yang dijatuhkan MA jauh dari rasa keadilan.

Ana Lutfi, adik kandung Anas Urbaningrum mengungkapkan penyesalan atas vonis tersebut. Menurutnya, karena putusan MA sudah inkrah, pihak keluarga akan mempelajari guna mempersiapkan langkah hukum. “Kami menilai, jika mas Anas hanya dijadikan korban politik oleh salah satu penguasa. Maka kami juga akan mengambil langkah hukum nantinya,” ujar Ana Lutfi

Selain itu, keluarga membandingkan Anas Urbaningrum dengan Mantan Ketua Partai Demokrat Andi Malaranggeng. Menurut Ana Lutfi, Andi Malaranggeng saja hanya dihukum empat tahun, padahal Andi Malaranggeng menjadi Penguasa (Pengguna Anggaran) di Pemerintahan jaman Presiden Soesilo Bambang Yudoyono, sementara AU bukan menjadi Pengguna Anggaran, namun dihukum lebih berat.

“Andi Malarangeng sebagai Pengguna Anggaran saja divonis 4 tahun, kenapa mas Anas yang bukan pengguna Anggaran justru di vonis lebih berat. Ini tidak ada rasa keadilan,” ungkapnya

Lebih lanjut Ana Lutfi menyampaikan, Mahkamah Agung memperberat vonis Anas Urbaningrum menjadi 14 tahun penjara ditambah denda Rp 5 miliar subsider satu tahun empat bulan, kurungan dan ditambah membayar uang pengganti Rp 57,59 miliar subsider empat tahun kurungan.

Selain vonis tersebut, Majelis Hakim Agung yang terdiri dari Artidjo Alkostar, Krisna Harahap dan MS Lumme itu mengabulkan pula permohonan Jaksa Penuntut Umum dari KPK yang meminta agar Anas dijatuhi hukuman tambahan berupa pencabutan hak dipilih untuk menduduki jabatan publik. Artinya putusan ini memperberat putusan di tingkat kasasi dan pengadilan Tingkat Pertama.

Keluarga AU akan mempersiapkan langkah hukum dengan melakukan Peninjauan kembali (PK) dengan mengajukan bukti-baru.  “Kita juga sudah menyiapkan bukti-bukti baru yang akan meringankan hukuman,” jelas Ana Lutfi

Sementara itu ibunda Anas, Sriyati tidak terlihat ikut menemui wartawan, karena syok dengan vonis terhadap anas urbaningrum.   (wir/Jati)

KETERANGAN FOTO : Ana Lutfi, adik Anas Urbaningrum saat ditemui di kediamannya