Kediri(adakitanesw.com) — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur memperhatikan data pemilih saat proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kediri 2020.

Menurut Komisioner KPU Kabupaten Kediri, Eka Wisnu Wardhana, KPU Provinsi Jawa Timur menilai data pemilih KPU Kabupaten Kediri berkualitas.

“Alhamdulillah, ini hasil kerja kerja luar biasa segenap PPK, PPS, PPDP, dan KPPS berserta sekretariat,” ujarnya, Minggu (20/12/2020).

“Juga dukungan stakeholder terkait termasuk media,” imbuhnya.

Wisnu mengatakan, dari hasil penilaian KPU Provinsi Jawa Timur, KPU Kabupaten Kediri mendapat peringkat ke-dua untuk kategori Data Pemilih Berkualitas Pemilihan Serentak Lanjutan 2020.

“Kami juga mendapat peringkat terbaik ke-dua untuk kategori Ketaatan Regulasi Untuk Penyusunan Program dan Anggaran serta Pengelolaan Hibah yang Akuntabel,” ucapnya.

Tak hanya itu, kata Wisnu, KPU Kabupaten Kediri juga mendapat penghargaan terbaik pertama untuk publikasi website terproduktif pada pemilihan serentak tahun 2020.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kediri yang berperan aktif dalam suksesnya Pilbup Kediri 2020 ini,” tuturnya.

Pasalnya, lanjutnya, dalam Pilbup Kediri 2020 tingkat partisipasi masyarakat juga meningkat. Jumlah prosentase naik sebesar 5 persen pada Pilbup Kediri 2020, jika dibandingkan dengan pelaksanaan periode sebelumnya yakni Pilbup Kediri pada 2015 lalu.

Dengan demikian, tingkat partisipasi masyarakat pada Pilbup kali ini naik di angka kisaran 65,23 persen sehingga naik 5 persen dari tahun 2015. (Oky).