ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Bapemas) Kabupaten Blitar, Mujianto mengatakan, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dapat membantu dalam meningkatkan melaksanakan program peningkatan kesejahteraan, ekonomi dan pendidikan masyarakat.

“Peran PKK ini di kalangan masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik dari segi ekonomi maupun pendidikan,” kata Mujianto usai membuka Sosialisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Blitar di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Selasa (14/03).

Menurut Mujianto, PKK dapat dapat bersinergi dengan Bapemas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas pendidikan dalam masyarakat. “Ibu-ibu ini paling sering bersentuhan dengan anak-anaknya, sehingga peningkatan kualitas pendidikan dapat lebih mudah melalui peran wanita,” harapnya.

Sedangkan untuk membantu meningkatkan kualitas masyarakat, lanjut Mujianto, PKK dapat menggunakan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) untuk kegiatan yang bersifat pengembangan keterampilan masyarakat. Selain pengembangan keterampilan, PKK dapat melakukan kegiatan untuk sosialisasi dan peningkatan perekonomian masyarakat serta peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

“Asalkan jelas pertanggung jawabannya, tidak masalah menggunakan DD dan ADD, karena itu sesuai aturan untuk pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.
Mujianto menambahkan, tidak ada pembatasan secara pasti besaran penggunaan DD dan ADD yang dapat digunakan oleh PKK. “Setiap desa memiliki besaran anggaran masing-masing sesuai dengan kebutuhan desanya yang tidak sama antara desa satu dengan desa lainnya,” tambahnya.

Sementara itu saat dikonfirmasi terpisah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blitar, Ninik Rijanto mengatakan, Tim PKK harus dapat melaksanakan 10 program kerja PKK. “Sepuluh program PKK diantaranya, kerjasama dengan tokoh masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, tim penggerak PKK juga kami minta dapat menyusun program kerja dan melakukan monitoring serta evaluasi program kerja hingga tingkat RT dan RW,” ujarnya.(blt2)

Keterangan gambar : Suasana Sosialisasi Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Blitar di Pendopo Ronggo Hadinegoro Kabupaten Blitar.(foto : fathan)