ADAKITANEWS, Nganjuk – SMK Negeri 1 Gondang berhasil membudidayakan padi varietas IPS 3 S. Keberhasilan itupun diapresiasi Plt Bupati Nganjuk, KH Abdul Wahid Badrus dengan ikut hadir dalam panen perdana, Senin (27/11).

Budidaya padi varietas IPB 3 S ini diketahui merupakan hasil kerjasama antara SMKN 1 Gondang dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Nganjuk dan masyarakat mengapresiasi hasil kerja para siswa ini. Saya berharap, ini merupakan langkah kreativitas awal para siswa sebagai generasi penerus,” katanya.

Plt Bupati Nganujuk yang akrab disapa Gus Wahid itu juga mengatakan bahwa dengan memberikan pengenalan bercocok tanam kepada siswa sejak dini, bisa memacu para generasi muda untuk terus berinovasi dalam pembangunan daerahnya.

Terpisah Kepala SMK Negeri I Gondang, Supri Handoyo mengatakan, pihaknya sengaja membudidayakan padi varietas IPB 3 S untuk mendukung sekolah yang memang memiliki jurusan pertanian.

“Saya beranggapan jika varietas IPB 3 S sudah diperkenalkan dan berhasil, maka kedepan bersama siswa akan terus mencari varietas jenis lain selain padi,” ujarnya.

Ia pun mengatakan, akan terus menerapkan daya kreativitas serta inovasi, khususnya di bidang pertanian. “Tidak hanya menanam, tapi bisa meneliti serangan hama,” pungkasnya.(adv/hms/kur)

Keterangan gambar: Plt Bupati Nganjuk saat menghadiri panen perdana padi varietas IPB 3 S di SMKN 2 Gondang.(dok. Humas Pemkab Nganjuk)