ADAKITANEWS, Tulungagung – Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Tulungagung menjamin stok darah yang ada di UTD PMI Tulungagung tidak terkontaminasi virus maupun penyakit yang berbahaya.

Kepala Tata Usaha UTD PMI Tulungagung, Anik Kristiani mengatakan, sebagai langkah antisipasi agar donor yang darahnya terinfeksi virus tidak kembali menyumbangkan darahnya, pihak PMI Tulungagung sudah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Donor Darah (SIMDONDAR), yakni program dokumentasi, dan pencatatan pendonor darah.

Data setiap donor di PMI Tulungagung sudah terdaftar dengan baik di database. Ketika akan menyumbangkan darah, pasti diketahui yang bersangkutan darahnya terinfeksi atau tidak. “Meski telah dilakukan dokumentasi dan pencatatan, pemeriksaan ulang tetap dilakukan juga. Darah dari para pendonor juga diproses untuk menghasilkan beberapa jenis. Yakni WB atau darah segar, PRC, plasma darah, atau pun trombosit,” kata Kepala Tata Usaha UTD PMI Tulungagung, Anik Kristiani, Kamis (01/03).

Lanjut Anik, proses pemeriksaan sebelum donor diambil darahnya adalah ketat. Sebelum diambil darahnya, juga diperiksa apakah darah donor mengandung vitus atau pun penyakit berbahaya. Misalnya sipilis, HIV, atau pun hepatitis. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan tekanan darah. Jika tekanan melebihi standar, yakni 110/70 sampai 150/90, donor dilarang memberikan darahnya. Begitu juga dengan kondisi Hb. Jika tak sesuai standar, yakni 12,5 sampai 17, donor juga dilarang.

Sementara untuk kebutuhan darah di UTD PMI Tulungagung, tercatat antara 75 sampai 100 kantong per hari. Jumlah tersebut terdiri dari darah golongan A, B, O, dan AB.

“Yang banyak dibutuhkan yakni golongan darah O. Karena itulah, PMI Tulungagung memperbanyak stok golongan darah tersebut,” papar Anik

Saat ini di UTD PMI Tulungagung, golongan darah O tersedia 340 kantong, untuk golongan A dan B sebanyak 227 kantong, dan golongan darah AB tersedia 65 kantong.(bac)

Keterangan gambar : Anggota TNI dan Polri saat melakukan donor darah di UTD PMI Tulungagung.(ist)