ADAKITANEWS, Kota Kediri – Bersama dengan Palang Merah Remaja (PMR), Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Kediri membuka posko kesehatan. Posko tersebut ditempatkan di sekitar sekolah-sekolah yang berdekatan dengan gereja, diantarnya di SMAK St Agustinus dan di SMKN 3 Kota Kediri.

Sri Rejeki salah satu anggota PMI yang berjaga di depan SMKN 3 Kota Kediri menjelaskan, kegiatan PMI tersebut telah dilaksanakan hampir setiap tahun. Mereka sengaja menggandeng beberapa siswa-siswi dari SMA/SMK di Kota Kediri.

“Acara ini memang digelar setiap tahun. Dalam hal ini menggandeng siswa-siswi SMA, SMK yang bertujuan untuk menerapkan ilmunya termasuk yang diajarkan di PMR di sekolah mereka masing-masing. Jadi mereka tidak cuma belajar di sekolah saja. Dengan adanya posko ini mereka bisa langsung praktik membantu masyarakat,” ujarnya.

Wanita yang juga aktif mengajar PMR di SMKN 3 Kota Kediri ini juga menambahkan, tugas yang dibebankan pada para anggota PMR di posko tersebut tidak hanya menangani kecelakaan dan juga korban luka saja, melainkan juga sering melayani para pengunjung dari luar kota untuk bertanya soal tempat wisata di Kota Kediri.

“Tidak cuma melayani orang kecelakaan tapi sering kali ada orang tanya-tanya, arah-arah di Kota Kediri,” ucapnya.

Di tempat yang sama Reza Fadilah Ardani selaku Ketua PMR SMKN 3 Kota Kediri mengungkapkan dirinya beserta para siswa SMKN 3 lainnya bersiap di pos jaga PMI untuk berjaga-jaga jika ada kecelakaan atau kejadian lain yang tidak diinginkan.

Sebelum dibawa ke Rumah Sakit terdekat, korban nantinya akan ditangani dulu oleh pihak PMI dan PMR disini. “Semua kita persiapkan, terutama perban dan peralatan kesehatan P3K. Nantinya sebelumnya kita tangani, dan untuk penanganan lebih lanjut kita bawa ke RS terdekat. Kalau disini ya kita bawa ke RS Bhayangkara. karena itu yang terdekat,” tuturnya.(kdr1)

Keterangan gambar: Posko PMI di depan SMKN 3 Kota Kediri.(foto: muchlis ubaidhillah)