ADAKITANEWS, Kota Blitar – Memasuki hari pertama pasca libur lebaran ini, yakni Senin (03/07), seluruh pelayanan yang ada di Pemerintah Kota Blitar belum kembali normal. Meski diwajibkan masuk, semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkot Blitar diminta untuk mengunjungi para pensiunan PNS serta menjalin silaturahmi dengan sesama PNS dan pegawai lain.

Wakil Walikota Blitar, Santoso mengatakan, pada hari pertama masuk kerja ini sengaja digunakan untuk halalbihalal antara satu pegawai dengan pegawai lainnya. Bahkan, setiap PNS juga diminta untuk berkunjung ke rumah mantan PNS yang sudah purna tugas atau pensiun untuk mengumpulkan minimal lima tanda tangan. “Tujuannya agar silaturahmi antara pegawai yang masih bekerja dengan pegawai yang sudah pensiun tetap terjaga,” ungkapnya, Senin (03/07).

Sedangkan untuk PNS yang hari ini tidak masuk atau bolos kerja, mereka akan diminta datang pada hari kedua besok, atau Selasa (04/07), dan akan dikumpulkan. “Pak Wali akan mengumpulkan dan menggelar apel khusus di Alun-alun Kota Blitar. Ini sebagai konsekuensi khusus karena mereka tidak ikut apel pada hari masuk kerja setelah libur lebaran,” tegasnya.

Terpisah, Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar, Suyoto mengatakan, bahwa berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah Kota Blitar ada 1.429 PNS di lingkup Pemerintah Kota Blitar dan ada 1.331 PNS yang masuk, sisanya tidak mengikuti apel pagi tadi. Dari data yang tersebut, sekitar 98 PNS dari berbagai Dinas di Kota Blitar sudah terdaftar tidak ikut apel akan dilaporkan ke Walikota Blitar untuk mendapatkan sanksi.

“Dari data yang dilaporkan masing-masing Dinas, diketahui sebanyak 98 pegawai yang tidak hadir, terbanyak dari Dinas LIngkungan Hidup dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Alasannya pun bermacam-macam, diantaranya sakit 8, izin 1, cuti 4, Dinas luar 1, lahiran 1, turun piket 43 dan Dinas lapangan 40,” ungkap Suyoto.(blt2)

Keterangan gambar: Santoso, Wakil Walikota Blitar.(foto : fathan)