ADAKITANEWS, Kota Blitar – Pelaku penculikan 2 anak dibawah umur akhirnya berhasil diamankan Satreskrim Polres Blitar Kota. Pelaku adalah MRS, 22, warga Dusun Wates Desa Purwokerto Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar. Sedangkan korban penculikan, sebut saja Mawar, 7, dan Melati, 7, bukan nama sebenarnya, asal Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar yang diculik sejak Minggu (25/02) siang, sekitar pukul 11.00 WIB.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, awalnya unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Blitar Kota mendapatkan laporan tentang penculikan anak dibawah umur. Dari laporan itu, petugas langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku yang terakhir terlihat mengendarai motor Honda Vixion berwarna putih bernopol AG 5777 IX.

“Pelaku awalnya melintas di depan rumah korban, mengetahui kedua korban sedang bermain pelaku menawarkan akan mengajak korban berbelanja jika mau ikut dengan pelaku. Terbuai dengan rayuan pelaku, kedua korban akhirnya mau mengikuti pelaku dengan dibonceng menggunakan sepeda motor,” terang AKBP Adewira, Senin (26/02) siang.

Setelah sampai di sekitar pertigaan Tugurante Kecamatan Ponggok, lanjut Kapolres, korban R sempat rewel sehingga pelaku menurunkannya di pinggir jalan. Sementara korban D tetap dibawa pelaku. “Korban atas nama D kemudian diajak berputar-putar, kemudian sesampainya di hutan Maliran Kecamatan Ponggok, pelaku melakukan aksi pencabulan terhadap korban,” papar Adewira.

AKBP Adewira mengaku, petugas kepolisian sempat kesulitan mengamankan pelaku. Karena pelaku membonceng korban yang masih anak-anak yang membuat petugas kepolisian harus berhati-hati. Dalam pengejaran sempat terjadi kejar-kejaran mulai dari perempatan Tumpang Kecamatan Talun hingga pelaku berhasil dibekuk di wilayah Kecamatan Selopuro.

“Kami sempat mengalami kesulitan saat akan mengamankan pelaku. Karena pelaku sedang membonceng korban yang masih anak-anak dalam keadaan kecapekan dan ketakutan,” pungkasnya.

Dengan adanya peristiwa ini, AKBP Adewira mengimbau kepada para orang tua agar melakukan pengawasan lebih kepada anak-anaknya. “Orang tua jangan mudah percaya terhadap orang yang baru dikenal,” imbuhnya.

Saat ini pelaku telah diamankan di Mapolres Blitar Kota untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Sementara kedua korban, mendapatkan pendampingan dari unit PPA Satreskirm Polres Blitar Kota untuk menghilangkan trauma.(fat/wir)

Keterangan gambar: Pelaku saat dibawa ke Mapolres Blitar Kota.(foto : fathan)