ADAKITANEWS, Sidoarjo – Ratusan Polisi Cilik (Pocil) siap diterjunkan ke sekolah. Mereka bukan polisi yang menangkap penjahat, melainkan menjadi contoh kedisiplinan bagi seluruh warga sekolah.

Ungkapan itu disampaikan oleh Kapolres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir usai menutup kegiatan lomba Polisi Cilik yang digelar di GOR Sidoarjo, Sabtu (14/05). Masing-masing Pocil diharapkan bisa menjadi contoh bagi seluruh siswa di sekolahnya. “Tetap harus rajin, disiplin, dan fokus dalam belajar,” pesan Kapolres kepada para Pocil.

AKBP Anwar mengatakan para Pocil akan mendapatkan pengajaran diantaranya baris berbaris, pengaturan keselamatan lalu lintas, dan lainnya. Selain untuk diterapkan di sekolahnya masing-masing, Polres Sidoarjo juga tengah mempersiapkan lomba serupa yang akan digelar di Polda Jatim. “Mereka akan diajarkan baris berbaris, keselamatan lalu lintas sekaligus persiapan lomba di Polda Jatim. Intinya adalah penerapan kedisiplinan bagi anak-anak sejak dini,” imbuhnya.
Senada dengan hal tersebut, Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah yang juga turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan pentingnya mengajarkan kedisiplinan kepada anak sejak kecil. Dengan memiliki prinsip dasar tersebut, maka akan terlahir generasi pemimpin bangsa yang taat hukum dan memiliki budi pekerti luhur. “Pocil ini adalah salah satu upaya membangun karakter bangsa. Menciptakan pemimpin yang disiplin dan berbudi pekerti,” ujarnya.

Diketahui, lomba Pocil tingkat SD digelar oleh Polres Sidoarjo dan diikuti oleh perwakilan sekolah-sekolah di Sidoarjo. Sebagai juara 3, diraih oleh SDN Suko Kecamatan Sukodono. Juara 2 diraih oleh MI Roudlotul Ihsan Sukodono, dan juara pertama diraih oleh SDN Kedung Wonokerto Kecamatan Prambon.(kur)

Keterangan gambar: Penyerahan trofi juara oleh Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah bersama Kapolres Sidoarjo, AKBP Anwar Nasir dan Dandim 0816/Sidoarjo, Letkol Inf Andre Julian.(foto: kurniawan)