Polisi Periksa 6 Saksi Soal Terbaliknya Perahu Tambang di Sidoarjo

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Seluruh motor korban dalam insiden tergulingnya perahu tambang penyeberangan di Kali Mas Dusun Serbo Desa Bogem Pinggir Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo pada Kamis (13/04) kemarin sudah berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan. Dan kini, pihak kepolisian masih memeriksa 6 orang saksi untuk mendalami kronologis kejadian.

Empat sepeda motor itu diantaranya Shogun warna biru Nopol W 6054 XT, Supra Fit W 3153 JQ, Vario W 3362 QJ dan CB 150R Nopol S 4894 PW milik korban Rozikin, 40, warga Mojosari, guru MTs Negeri Raden Paku Kecamatan Wringinanom Gresik yang ditemukan pada Kamis (13/04) sekitar pukul 17.00 WIB. Sedangkan tiga motor lainnya yang ditemukan pada Jumat (14/04) masing-masing adalah Honda Vario 125 nopol W 4416 WI, Vario 125 nopol W 3274 ZJ dan Vario nopol W 3765 WX.

Wakasat Reskrim Polresta Sidoarjo, AKP Teguh Setiawan mengatakan, pihaknya telah mengumpulkan keterangan dari enam saksi serta memeriksa seorang pemilik perahu bernama Suntoro warga Bogem Pinggir Kecamatan Balongbendo Sidoarjo.

Hasil sementara, peristiwa perahu terbalik di Wringinanom ini akibat kelebihan beban muatan. Seharusnya, perahu tradisional yang ukurannya 2,4 x 6 meter persegi itu hanya bisa memuat 7 motor dan 7 orang saja.

“Tapi, tadi perahu itu sepertinya dipaksakan memuat 7 motor dengan 10 orang penumpang, ditambah 2 kru perahu,” ujar AKP Teguh Setiawan.

Selain itu, lanjut Teguh, posisi penumpang juga berada di atas motor masing-masing. Karena arus sungai deras, sebuah motor yang berada di tepi perahu terus bergerak ke sisi arah sungai membuat perahu menjadi tidak seimbang. Saat posisi perahu semakin miring, penumpang panik. Sebagian melompat menceburkan diri, sebagian lainnya tercebur ke sungai.

Saat ditanya apakah sudah ada yang ditetapkan tersangka, Teguh mengaku saat ini pihaknya masih fokus melakukan pencarian. “Kita fokus dulu pencariannya,” katanya. (sid2)

Keterangan gambar : Tim SAR gabungan saat mengevakuasi motor korban. Wakasat Reskrim Polresta Sidoarjo, AKP Teguh Setiawan.(foto : mus purmadani)

Recommended For You