ADAKITANEWS, Blitar – Pelaku pembunuhan terhadap Fitriatul Janah, 19, pelajar asal Dusun Sumbersari Desa Pagersari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang akhirnya ditangkap.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, setelah mendapat hasil autopsi dan memeriksa beberapa saksi terkait pembunuhan pelajar kelas XI SMK Pemuda 3 bagian keperawatan, yang jasadnya ditemukan pada Rabu (29/03) sekitar pukul 10.30 WIB lalu, pelaku akhirnya berhasil ditangkap saat berada di rumah pamannya di Desa Pojok Kecamatan Garum Kabupaten Blitar, pada Kamis (30/03) sekitar pukul 01.00 WIB.

“Untuk memastikan bahwa dia pelaku pembunuhan, kita melakukan pemeriksaan dulu dan baru siang ini kita bisa menetapkan pelaku sebagai tersangka,” kata Kapolres dalam pers rilis di Mapolres Blitar, Jumat (31/03).

AKBP Slamet Waloya mengungkapkan bahwa pelaku bernama Fajar Infantoro, 21, warga Desa Tepas Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. “Berdasarkan penyelidikan kami terhadap saksi dari keluarga dan teman korban, diketahui jika sebelumnya korban memang memiliki hubungan dengan pelaku. Dan saat itu korban pergi bersama pelaku ke daerah Kesamben Blitar,” imbuhnya.

Pelaku mengaku kesal dengan korban yang meminta pertanggungjawaban atas kehamilannya. “Saat kami periksa, pelaku merasa kesal dengan korban yang meminta pertanggung jawaban pelaku karena telah menghamili korban. Akhirnya pelaku nekat membunuh korban saat berada di sekitar Sungai Abab Desa Karangrejo Garum Blitar dengan menggunakan besi plat,” jelas AKBP Slamet Waloya.

Sementara itu pelaku mengatakan memang memiliki hubungan dekat dengan korban dan sudah melakukan perbuatan persetubuhan sebanyak 3 kali. “Korban terus meminta pertanggung jawaban. Padahal saya masih berpacaran bulan September lalu, dan berhubungan 3 kali, tetapi sudah hamil 5 bulan. Akhirnya saya jengkel dan dengan spontan membunuhnya,” kata Fajar.

Untuk diketahui, pelaku terjerat pasal 338 KUHP tentang pembunuhan, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.(blt2)

Keterangan gambar: Pers Rilis pembunuhan pelajar Fitriatul Janah di halaman Mapolres Blitar.(foto : fathan)