ADAKITANEWS, Kota Blitar – Satreskrim Polres Blitar Kota akhirnya berhasil menangkap pelaku penambangan pasir mekanik ilegal di sungai aliran lahar Dusun Sadeng Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Kasatreskrim Polres Blitar Kota, AKP Heri Sugiono mengatakan, dalam kasus penambangan pasir itu pihaknya menetapkan 2 tersangka, yakni Nur Goib, 40, dan Bambang Kuswanto, 39. Keduanya merupakan warga Dusun Sadeng Desa Karangbendo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

“Keduanya kami tetapkan tersangka, tapi tidak kami tahan,” kata AKP Heri Sugiono, Kamis (18/01).

AKP Heri menjelaskan, penggerebekan penambang pasir mekanik ilegal itu sebelumnya dilakukan pada Rabu (17/01). Awalnya, polisi mendapat informasi dari masyarakat tentang maraknya penambangan pasir ilegal di kawasan itu, yang sebagian penambangnya menggunakan peralatan diesel untuk menyedot pasir.

“Dari hasil penyelidikan di lokasi, ternyata informasi masyarakat benar. Sehingga petugas kita langsung melakukan penggerebekan di lokasi dan menangkap dua penambang pasir serta menyita sejumlah barang bukti,” jelasnya.

AKP Heri mengungkapkan, sejumlah barang bukti yang disita tersebut diantaranya berupa satu unit dump truk dengan Nopol S 9325 UQ, satu unit diesel, satu buah pipa paralon, satu buah selang spiral, dan satu sekop. Polisi juga menyita uang tunai sebesar Rp 410 ribu.

“Barang buktinya kami sita di Polres Blitar Kota,” paparnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Barang bukti truk dan diesel di Mapolres Blitar Kota.(foto : fathan)