ADAKITANEWS, Blitar – Petugas Polres Blitar Kota melarang anggota Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) melakukan konvoi saat acara pengesahan warga organisasi perguruan pencak silat itu. Polisi juga melarang anggota PSHT dari luar kota, datang ke Blitar saat acara pengesahan.

Pernyataan itu disampaikan Kapolres Blitar Kota, AKBP Heru Agung Nugroho. Menurutnya, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dengan panitia pengesahan anggota PSHT ini, Kamis (14/09). “Pihak panitia sudah sepakat ikut menjaga keamanan bersama,” kata AKBP Heru Agung Nugroho, Jumat (15/09).

Sesuai rencana, acara pengesahan warga perguruan pencak silat PSHT bakal dilaksanakan di pendopo kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar lama di Jalan Sudanco Supriyadi Kota Blitar, Kamis (21/09) malam. Dalam acara itu, ada sekitar 450 orang yang akan dilantik menjadi warga baru PSHT. Biasanya, dalam acara pengesahan, sejumlah anggota lama PSHT juga ikut hadir. Diperkirakan yang hadir kisaran 5.000 orang.

Lebih lanjut AKBP Heru menjelaskan, Dalam pelaksanaan nanti Polres Blitar Kota siap melakukan pengamanan saat acara pengesahan berlangsung. Pihaknya menerjunkan sebanyak 850 personel untuk mengamankan acara tersebut. Sejumlah petugas akan disebar di titik-titik perbatasan atau pintu masuk ke Kota Blitar. Hal itu untuk mengantisipasi adanya anggota PSHT dari luar daerah yang masuk ke Kota Blitar.

“Kami mengimbau agar anggota PSHT dari luar daerah tidak mengikuti acara di Kota Blitar. Ini demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, terjadi bentrokan, misalnya,” tuturnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Suasana koordinasi Polres Blitar Kota dengan panitia pengesahan PSHT.(ist)