ADAKITANEWS, Jombang – Seluruh Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Jombang akan mendapatkan pengawal pribadi pada kontestasi Pilkada 2018 mendatang. Pengawal pribadi tersebut, bahkan kini sudah disiapkan oleh pihak Polres Jombang.

Menurut penjelasan Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto bahwa pihak Polres Jombang sudah menyiapkan pengawal pribadi (walpri) untuk masing-masing paslon akan dikawal empat anggota kepolisian. “Tiap pasangan akan dikawal 4 anggota. Karena jumlahnya ada tiga pasangan, maka kami menyiapkan 12 anggota walpri,” ungkap Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto, Kamis (25/01).

Menurut penjelasan Kapolres Jombang, walpri yang ditugaskan untuk mengawal masing-masing paslon merupaka anggota yang terlatih. Mereka, lanjut AKBP Agung Marlianto, telah mengikuti tahapan seleksi serta penguasaan skill seperti menembak, beladiri dan kemampuan melindungi seseorang serta kemampuan melakukan penyelamatan.

“Selain sebagai pengawal pribadi bagi calon pasangan Bupati maupun Wakilnya, juga sebagai jembatan penghubung antara markas komando dengan calon Bupati terkait agenda selama tahapan pilkada,” ujarnya.

AKBP Agung Marlianto juga menegaskan bahwa pengawalan dari walpri untuk masing-masing paslon dimulai setelah adanya penetapan status bakal calon menjadi calon dari KPU pada 12 Februari 2018 mendatang. “Tentu setelah penetapan dari KPU,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Pilbup Jombang yang akan digelar pada 27 Juni 2018, setiap masing-masing paslon sudah melalui berbagai tahapan seperti tahapan yang dilakukan beberapa waktu lalu yakni tes pemeriksaan kesehatan seluruh paslon. Hasil pemeriksaan tersebut menyatakan ketiga bakal paslon layak maju menjadi peserta pilkada 2018.

Untuk ketiga bakal paslon tersebut, yakni Mundjidah-Sumrambah yang diusung oleh PPP, Partai Demokrat, Partai Gerindra serta Partai Perindo. Kemudian bakal paslon Nyono-Subaidi yang didukung Partai Golkar, PKS, PKB, PAN dan Partai NasDem.Dan yang terakhir bakal paslon Syafiin-Choirul Anam yang diusung PDI-P dan Partai Hanura serta PKPI dan PBB.(ar)

Keterangan gambar: Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto.(dok. adakitanews.com)