ADAKITANEWS, Tulungagung – Kepolisian Resort Tulungagung melakukan pemeriksaan terhadap senjata api (senpi) yang biasa digunakan oleh anggotanya, di halaman Mapolres, Kamis (1409).

Kepala Bagian Sumberdaya Polres Tulungagung, Kompol Sudarmono yang memimpin langsung jalannya pemeriksaan mengatakan, pemeriksaan ini sebagai bentuk pengawasan terhadap senpi yang dibawa anggota, baik yang bertugas di polres, maupun di polsek jajaran. Yakni untuk memastikan bahwa senpi yang dibawanya tersebut dalam kondisi baik.

“Pemeriksaan senpi ini juga sebagai kontrol kelayakan senjata api guna mendukung anggota Polri dalam menjalankan tugas di lapangan. ” tuturnya.

Hal itu, lanjut Kompol Sudarmono, juga bertujuan untuk mengecek kedisiplinan anggota terhadap penggunaan senpi dan memelihara senjata tersebut dengan baik, sehingga mereka tidak sembarangan dalam menggunakan senpi selama bertugas.

Dari jumlah senpi yang diperiksa sebanyak 193 pucuk senjata baik jenis pistol maupun senjata laras panjang, tidak ditemukan senpi yang rusak. Semua masih dalam kondisi layak. Namun jika ditemukan senpi yang rusak atau tidak layak, maka akan segera digudangkan.

“Hasil dari pemeriksaan senpi yang dipegang seluruh anggota, termasuk yang berada di polsek-polsek, tidak ditemukan adanya senpi yang rusak. Semua masih layak untuk dipergunakan,” kata Kompol Sudarmono.

Ia mengatakan, selain pemeriksaan senpi secara rutin, juga dilakukan pemeriksaan surat keterangan memegang senjata. Kalau masa berlakunya surat sudah habis, maka anggota yang bersangkutan harus memperbaharui dengan mengikuti psikotes yang dilakukan oleh Polda Jatim.(ta1)

Keterangan gambar : Anggota polisi sedang melakukan pengecekan senpi.(foto : acta cahyono)