Polresta Sidoarjo Periksa Senpi Anggota

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sejumlah anggota Polresta Sidoarjo yang memiliki senjata api (senpi) menjalani pemeriksaan, Rabu (12/04). Pemeriksaan tersebut dipimpin langsung oleh Wakapolresta Sidoarjo, AKBP Indra Mardiana didampingi Kasi Propam, AKP Agung.

Kasubbag Humas Polresta Sidoarjo, AKP Samsul Hadi ketika dihubungi Tim Adakitanews.com mengatakan, pemeriksaan ini untuk mengetahui sejauh mana kondisi senpi yang dibawa para anggota dalam menjalankan tugasnya. Pemeriksaan dilakukan mulai pukul 08.00 – 09. 00 WIB, untuk mengecek kondisi senpi berikut amunisinya. Tak hanya itu, menurut AKP Samsul, hal ini juga untuk mengetahui surat-surat senpi para anggotanya.

“Pemeriksaan ini dilakukan setiap satu bulan, tiga bulan, dan enam bulan sekali. Mulai dari kebersihan, kelayakannya, dan surat senjata api. Jika suratnya sudah habis masa berlakunya maka senpi akan ditarik. Dan bagi pemegang senjata api tersebut akan diadakan tes psikologi setiap enam bulan sekali di Polda Jatim. Karena setiap enam bulan itu, kondisi psikologi seseorang berubah,” katanya

Samsul menambahkan, tingginya intensitas pekerjaan tidak menutup kemungkinan anggota jadi kurang mengecek terhadap surat itu. “Maka dari itu, ini salah satu wadah untuk mengingatkan para anggota yang memegang senpi,” jelasnya.

Pada pemeriksaan kali ini, tim pemeriksa yang terdiri dari Propam dan Siwas (Seksi Pengawasan) Polresta Sidoarjo tidak menemukan penyimpangan atau pelanggaran. “Artinya, semua sudah sesuai ketentuan,” ungkapnya.

Menurut polisi yang juga pelestari kesenian reog ini, anggota yang memegang senjata api, baik saat bertugas maupun inventaris pribadi harus berhati-hati dalam menggunakannya. “Anggota itu harus mengelola emosinya dengan baik dan sabar,” pungkasnya.(sid2)

Keterangan gambar : Tim dari Propam dan Siwas melakukan pemeriksaan senpi milik anggota Polresta Sidoarjo.(ist)

Recommended For You