width=

ADAKITANEWS, Blitar – Polisi Wanita Resort Blitar menunjukkan skill-nya dalam menggunakan senjata api. Mereka tampak lihai dalam membongkar dan memasang senjata api bahkan dengan mata tertutup, Jumat (24/03) siang.

Atraksi diawali dengan 4 Polwan yang langsung menuju tempat bongkar pasang senpi dengan mata tertutup di hadapan Bupati Blitar, Kapolres Blitar, Komandan Kodim 0808 Blitar, serta beberapa pejabat tinggi TNI Polri dan Jajaran SKPD Pemkab Blitar.

Saat aba aba dimulai, para Polwan langsung memegang senpi jenis SS V2 Semi Otomatis buatan PT Pindad. Dengan mata tertutup, mereka begitu taktis membongkar dan mengembalikannya seperti semula untuk siap digunakan. “Kita harus tahu masing masing komponen. Kenali dulu senpinya, baru kita bongkar dan pasang lagi. Butuh perasaan dan Intuisi yang pas,” kata Bripda Rachma Tri Yanuarti kepada wartawan usai beraksi.

Bripda Rachma menambahkan, dalam mengenal setiap komponen senapan diperlukan waktu satu minggu untuk latihan. “Itupun karena kita sambil dinas,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya menjelaskan, senpi merupakan hal yang erat kaitannya dengan tugas kepolisian. “Itu sebagai wujud pelatihan kita. Setiap anggota Polri harus mampu melakukan itu,” ungkapnya.

AKBP Slamet Waloya menuturkan, bongkar pasang senpi laras panjang yang dilakukan oleh para srikandi keamanan tersebut diselesaikan dalam waktu kurang dari satu menit. “Rata-rata 50 sampai 55 detik,” pungkasnya.(blt1)

Keterangan Gambar : Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya didampingi Dandim 0808 Blitar, Letkol (Arh) Surya Dani. (bawah) Empat Polwan saat membongkar dan memasang senjata api laras panjang jenis SS V2 Semi Otomatis Buatan PT Pindad.