width=

ADAKITANEWS, Jombang- Pondok Pesantren Tebuireng Jombang kembali berduka. Adik kandung Presiden RI ke-4, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur, yakni Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi, meninggal dunia pada Kamis (08/03) siang.

Kabar wafatnya Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU periode 1995-2000, Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim ini, diketahui pertama kali dari salah satu akun resmi grup WhatsApp. Adik kandung Gus Dur itu, wafat pada pukul 12.50 WIB di Rumah Sakit Mayapada Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Almarhumah dikabarkan sempat dirawat di rumah sakit sejak Minggu (04/03) karena mengeluh sesak nafas. Almarhumah, meninggalkan lima orang anak dan 15 cucu.

Menurut salah satu pengurus Ponpes Tebuireng, Azwani, saat ini jenazah masih disemayamkan di rumah duka di Perum Bukit Pratama Blok A No 9 Lebak Bulus Jakarta. “Jenazah rencananya akan diterbangkan ke tempat kelahiran (Jombang, red), Jumat (09/03). Selanjutnya akan dimakamkan di komplek Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang usai salat Jumat,” ujar Azwani.

Sementara, Ketua Majelis Keluarga Tebuireng, KH Muhammad Hasyim Karim menuturkan bahwa Nyai Aisyah, sapaan Almh Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim, sangat perhatian kepada keluarga besar KH Hasyim Asy’ari. Bahkan menurutnya, Almarhumah juga sempat mengunjungi pernikahan puterinya di Jombang. “Beberapa bulan yang lalu, beliau masih menyempatkan diri menghadiri undangan pernikahan anak saya di Jombang,” tutur KH Muhammad Hasyim Karim, Kamis (08/03).

KH Muhammad Hasyim Karim juga mengatakan bahwa dirinya sempat menjenguk almarhumah di Jakarta beberapa waktu lalu. “Meski kondisi beliau sudah tidak dapat diajak berkomunikasi, saya lihat wajah beliau sangat teduh. Beliau orang baik dan InsyaAllah husnul khotimah,” pungkas pria yang akarab disapa Gus Aying itu.

Almarhumah Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim, semasa hidupnya diketahui aktif di beberapa bidang. Selain pernah menjabat Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat NU pada periode 1995-2000, beliau juga tercatat pernah menjabat sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar selama tiga periode. Yaitu periode 1997-1999, 1999-2004, dan 2004-2009.(ar)

Keterangan gambar: Nyai Hj Aisyah Hamid Baidlowi binti KH Abdul Wahid Hasyim.(ist)