ADAKITANEWS, Jombang – Menjamurnya fasilitas WiFi gratis yang ditawarkan oleh sebagian besar warung kopi (warkop) di Kabupaten Jombang mengundang banyak respon. Antara yang beranggapan positif, ataupun negatif. Pasalnya, fasilitas itu bebas dinikmati oleh siapapun, mulai dari anak-anak sampai dewasa meski hanya diharuskan membeli kopi atau jajanan yang disuguhkan.

Salah satunya warkop di Dusun Jogoloyo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Warung yang menyediakan kopi serta jajanan ini mempunyai fasilitas WiFi gratis bagi pelanggannya. Namun siapa sangka, diantara para pelanggan setia itu, ada beberapa anak dibawah umur yang ikut menggunakan fasilitas internet dengan bebas tanpa pengawasan orang tuanya.

Tersedianya WiFi secara gratis di warkop-warkop memang bisa menjadi salah satu alasan keramaian. Tetapi kehadiran WiFi itu, tetap saja memiliki nilai baik dan buruk.

Siti Thoifah, pengajar di salah satu Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Jombang mengatakan, kebutuhan terhadap internet memang sudah tidak bisa dihindari lagi. Namun, jika para penggunanya belum siap atas keberadaan fasilitas tanpa batas itu, justru akan membahayakan. “Contohnya anak-anak dibawah umur. Sudah banyak kejadian kekerasan, pemerkosaan, sampai perekrutan teroris berawal dari internet,” kata Siti saat dimintai pendapat mengenai keberadaan warkop internet di Jombang, Sabtu (03/12).

Siti menambahkan, jika memang ada anak-anak dibawah umur yang menikmati fasilitas WiFi di warkop, ia menyarankan agar pemilik atau pengelola warkop melakukan pembatasan atau bahkan melarang akses internet tersebut tanpa adanya pengawasan orang dewasa. “Kalau ada anak-anak, lebih baik jangan. Karena bisa saja mereka membuka situs-situs terlarang,” imbuhnya.(jb4)

Keterangan gambar: Anak-anak, pelanggan warkop tengah asyik menikmati layanan WiFi gratis.(foto: Sugiono)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/12/Lenovo_A1000_IMG_20161203_124057-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2016/12/Lenovo_A1000_IMG_20161203_124057-150x150.jpgREDAKSIGaya Hidupadakitanews,anak dibawah umur,Berita,internet,jombang,warkop,wifi
ADAKITANEWS, Jombang - Menjamurnya fasilitas WiFi gratis yang ditawarkan oleh sebagian besar warung kopi (warkop) di Kabupaten Jombang mengundang banyak respon. Antara yang beranggapan positif, ataupun negatif. Pasalnya, fasilitas itu bebas dinikmati oleh siapapun, mulai dari anak-anak sampai dewasa meski hanya diharuskan membeli kopi atau jajanan yang disuguhkan. Salah satunya...