2015-08-01_23.52.572015-08-01_23.54.08

ADAKITANEWS, Jombang РLautan manusia tumpah di Alon-alon Jombang,Jawa Timur, malam ini Sabtu (01/08). Lebih dari seratus ribu tamu undangan dan simpatisan NU hadir dalam  pembukaan Muktamar ke 33 NU, yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo, Sabtu (01/08).

Selain memenuhi Alon-alon, para simpatisan dari berbagai daerah itu juga membanjiri sepanjang Jalan Wahid Hasyim dan Hasyim Asy’ari untuk menyaksikan secara langsung pembukaan Muktamar yang bertemakan “Meneguhkan ¬†Islam Nusantara Untuk Peradaban Indonesia dan Dunia” melalui layar monitor yang dipasang lokasi itu.

Dalam pidatonya, Presiden RI, Joko Widodo, mengatakan, Nahdatul Ulama merupakan garda terdepan menjaga keutuhan NKRI. Dalam kesempatan itu Jokowi juga mengapresiasi tema Meneguhkan Islam Nusantara untuk peradaban Indonesia dan dunia itu. Menurutnya, NU memiliki peran yang sangat penting untuk menampilkan dan meneguhkan wajah Islam yang moderat.

“Tema itu tercermin keteguhan warga Nahdliyin untuk menjadikan Islam sebagai pijakan terciptanya masyarakat unggulan yakni masyarakat yang menjadikan agama sebagai sumber kemajuan, sumber keadilan dan sebagai sumber kedamaian”, Kata Jokowi, saat memberi sambutan dan membuka Muktamar ke 33 NU, di Jombang, Sabtu malam (01/08/15).

Lebih dari itu, dalam pidatonya, Presiden RI Joko Widodo juga berharap pada Nahdlatul Ulama yang merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia agar mampu menjadi jembatan peradaban, bukan hanya jembatan bagi perbedaan faham keagamaan namun juga sebagai menjadi peradaban antar bangsa.

Sementara, Ketua Umum PBNU, Said Aqiel Siradj, dalam pidatonya, berharap Islam Nusantara mampu menjadi ciri khas Islam para orang Nusantara.

Selain Presiden Jokowi, Pembukaan Muktamar ke 33 NU itu dihadiri sejumlah pejabat dan Menteri Negara, sejumlah ulama Pengurus Besar NU,Gubernur Jawa Timur Soekarwo, pejabat dilingkup Provinsi Jawa Timur dan Pemkab Jombang. Terlihat Menteri Pendidikan Anis Baswedan, Khofifah Indar Parawangsa, Imam Nahrawi dan beberapa menteri lainnya serta perwakilan duta besar. (Tari/Jati)

Keterangan Gambar : Presiden RI Joko Widodo, saat membuka Muktamar ke 33 NU di Alon-alon Jombang yan mengenakan pakain santri, menggunakan sarung dan kopiah.