ADAKITANEWS, Kota Madiun – Sepuluh hari sebelum lebaran, BPJS Kesehatan Cabang Madiun ikut bersiap memberikan kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan. Untuk itu selama mudik serta libur hari raya, pihak BPJS nantinya bakal menerapkan prosedur yang lebih sederhana.

Untuk bisa menikmati kemudahan tersebut, BPJS mengimbau kepada peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) – KIS (Kartu Indonesia Sehat) untuk selalu membawa kartu JKN-KIS, serta wajib dalam posisi aktif.

“Peserta BPJS dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor BPJS setempat, dalam kondisi darurat ataupun non darurat di faskes tingkat pertama ataupun IGD rumah sakit terdekat,” jelas Yesi Kumalasari, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Madiun kepada Tim Adakitanews.com, Kamis (15/06).

Masih menurut Yesi, kebijakan tersebut berlaku mulai 19 Juni 2017 hingga 2 Juli 2017. “Untuk BPJS Kantor Cabang Madiun sudah melakukan kerja sama dengan 212 faskes tingkat, serta 20 Rumah Sakit,” lanjutnya.

Sementara untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat, BPJS juga akan membuka Posko Mudik di delapan titik padat pemudik meliputi terminal Pulo Gebang Jakarta, Stasiun Bandung, Stasiun Yogyakarta, Terminal Tirtonadi Surakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Pelabuhan Sukarno Harta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Merak Banten.

Dan semua posko tersebut akan mulai beroperasi mulai 21 – 24 Juni 2017, dengan menyediakan pelayanan kesehatan, obat-obatan, hingga sosialisasi jaminan sosial bagi pemudik.(bud)

Keterangan gambar : Yesi Kumalasari diapit Kepala Dinas Kesehatan dan KB, dan Kepala Kantor Jasa Raharja Cabang Madiun.(foto : budiyanto)