Protes Penambangan Tanah Urug, Warga Kecam Kepala Desa

20160608_122439ADAKITANEWS, Nganjuk- Ratusan warga Desa Balongrejo Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk mendatangi balai desa setempat, Rabu (08/06). Warga secara tegas  menolak praktik penambangan tanah urug di desanya oleh CV Alfa Mandiri.

Pantauan Tim Adakitanews.com, ratusan warga yang mendatangi kantor Desa Balongrejo tersebut bertujuan melakukan protes kepada Suprianto, kepala desa setempat yang telah mengizinkan praktik penambangan tanah urug di desanya. Pasalnya, penambangan tanah uruk (galian D –red) tersebut perlahan akan merusak ekosistem dan membuat dampak buruk terhadap lingkungan beberapa tahun yang akan datang.

“Kami (warga Balongrejo,red) menolak galian D oleh CV Alfa Mandiri. Karena kegiatan tersebut berdampak buruk terhadap lingkungan,” ungkap Bandi, koordinator aksi.

Kegiatan yang diagendakan sebagai forum musyawarah desa itu sempat memanas karena massa bersikukuh menolak adanya penambangan. Bahkan, berbagai penjelasan yang diberikan oleh pihak pengelola maupun pihak desa tidak dapat mencairkan suasana.”Pada intinya kami menolak pertambangan,” jelas Bandi.

Sementara Suprianto, Kepala Desa Balongrejo hanya mampu menjadi mediator sekaligus fasilitator terkait masalah yang dialami warganya. Pihaknya menganjurkan kepada warganya agar melihat terlebih dahulu dampak dari kegiatan tersebut. “Kalau galian D berdampak buruk terhadap lingkungan, harus kita hentikan kegiatan itu,”terangnya.

Menanggapi penolakan tersebut, Ali Murtado dari CV Alfa Mandiri, yang merupakan calon pengelola penambangan Desa Balongrejo berjanji akan meminimalisir adanya hal-hal yang tidak diinginkan akibat kegiatan penambangan. Bahkan, pihak CV Alfa Mandiri akan membuatkan parit-parit maupun saluran air di lokasi proyek untuk mengantisipasi bencana. “Kalau masalah kekhawatiran terhadap bencana seperti yang masyarakat takutkan, saya bersedia membuatkan parit-parit maupun saluran air,” tuturnya.(Jati)

Keterangan Gambar: Ratusan warga Desa Balongrejo saat melakukan protes penambangan galian D oleh CV Alfa Mandiri di kantor Desa setempat.(Foto: Bagus Jati Kusumo)

Recommended For You