AdaKitaNews Daerah Proyek Prodamas Mulai Bermasalah

Proyek Prodamas Mulai Bermasalah

ADAKITANEWS60217, Kota Kediri – Belum genap satu tahun berjalan, Program unggulam Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) mulai menuai masalah. Salah satu masalah itu terjadi pada proyek pembangunan saluran irigasi di Kelurahan Kaliombo, Kecamatan Kota.

Dalam RAB dan proposal yang diajukan warga, proyek itu berbentuk cor, namun dalam pengerjaannya saluran irigasi itu hanya dibangun dengan menggunakan batu bata. Yang lebih aneh, RT sebagai penerima program justru tidak menerima anggaran.

“Proyek itu langsung dikerjakan oleh pihak kelurahan. Kami tidak tahu apa-apa, menerima anggaranpun tidak. Padahal seharusnya Prodamas itu kan program di setiap RT,” ujar Khodar, salah satu ketua RT di Kelurahan Kaliombo.

Khodar mengaku kecewa dengan sistem kerja seperti itu. Seharusnya, kata dia, untuk perencanaan, belanja dan pengerjaan program Prodamas dilakukan di masing-masing RT. “Ini sepertinya tidak sesuai dengan janji awal, bahwa semua dikerjakan ditingkat RT. Saat ini hanya belanja barang yang kecil-kecil saja kami diajak,” lanjutnya.

Khodar juga mengeluhkan Peraturan Walikota (Perwali) nomor 52 tahun 2014. Sebab Perwali itu justru memberatkan seluruh Ketua RT. Dalam Perwali itu menjelaskan, jika ada kesalahan dalam proyek, Pemkot tidak bertanggung jawab dan menjadi tanggungan RT sepenuhnya. (zay)

Keterangan Gambar : Ilustrasi Program Prodamas di Kota Kediri